Nagari Bayua, Salurkan BLT-DD Tahap II Kepada 151 KK

29

Bayua, Padang Expo

Pemerintah Nagari Bayua, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, kembali mencairkan dana Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap kedua untuk 151 Kepala Keluarga (KK) yang ekonominya terdampak akibat pandemi virus Corona. Masing-masing warga kembali menerima bantuan senilai Rp 600.000,.

Hadi Fajrin selaku Walinagari Bayua melalui Sekretaris Nagari Andika Ilmi, mengatakan, bahwa penyaluran bantuan yang bersumber dari dana desa itu merupakan bentuk kepedulian pemerintah terhadap masyarakat yang terdampak Covid-19. Disebutkan, untuk BLT DD tahap kedua merupakan bantuan periode bulan Mei senilai Rp 600.000,.

Andika mengatakan, “Kita sudah salurkan BLT DD tahap kedua itu pada Kamis (11/6) kemarin. Proses penyalurannya langsung diantar ke rumah masing- masing penerima dengan melibatkan Walijorong terkait, Tim Relawan Covid19, dan Mahasiswa KKN dari UNP, UNAND, serta IAIN Bukittinggi,” ujarnya, Jumat (26/6).

Ia mengatakan, pada penyaluran BLT DD tahap pertama pihaknya menyalurkan kepada 152 KK. Namun, karena ada salah seorang penerima yang meninggal dunia, maka jumlah penerima tahap kedua yakni sebanyak 151 KK.

Dalam keterangannya mengatakan, penyaluran BLT DD ini direncanakan ada tiga tahap. Namun untuk penyaluran tahap ketiga pihaknya masih menunggu jadwal proses pencairan.

“Ketiga tahap itu yakni periode bulan April, Mei, dan Juni 2020. Hingga kini kita sudah menyalurkan dua tahap, dan warga yang terdampak sudah menerima BLT DD ini dengan jumlah Rp 1.200.000,” ujarnya.

Lebih lanjut Ia menyebutkan, masyarakat Nagari Bayua yang terdampak Covid-19 sudah menerima berbagai bantuan dari pemerintah. Diantaranya Bantuan Beras, BST Kemensos, BLT Propinsi Sumbar, BLT DD, dan BLT APBD Agam.

Diharapkan bagi penerima bisa menggunakan bantuan tersebut untuk memenuhi kebutuhan harian keluarga. Selain itu, ia menegaskan kepada penerima untuk selalu bersyukur atas berbagai bantuan yang telah dibagikan dari pemerintah.(d79)

Baca Juga :  Antisipasi Penyebaran Semakin Meluas Terkait Pasien Positif CoVID-19, Polindes Pahambatan Sementara Ditutup