Jelang Idul Adha, Petugas DTPHP Pasaman Barat Lakukan Pemeriksaan Hewan di Lingkungan Masyarakat

23

Pasaman Barat, Padang Expo

Kepala Bidang Peternakan Drh.Doddy San Ismail, MM melalui Petugas Puskeswan Simpang Ampek Ari Mardatillah, A.Md menyatakan bahwa pemeriksaan kesehatan hewan ini dilakukan setiap tahun nya.

Dalam aturan pemerintah Larangan penyembelihan Ternak Sapi Betina Produktif tersebut sesuai aturan Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2014 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan Pasal 18 Ayat (4), setiap orang dilarang menyembelih ternak ruminansia kecil betina produktif atau ternak ruminansia besar betina produktif,”

Ari mengatakan setiap yang berqurban kita periksa ternaknya, supaya masyarakat yang melakukan qurban benar-benar secara aman, sehat dan halal.

Pemotongan hewan tidak boleh dilakukan secara siksaan, saat pemotongan hewan harus pisau tajam dan teknik perebahan hewan yang sesuai dengan prosedur yang berlaku, ujarnya, Sabtu (30/7).

“Ini kami lakukan dari mesjid ke mesjid yang melakukan qurban atau pun qurban pribadi, Pemeriksaan dilakukan antara lain melihat jenis kelamin hewan, bentuk tubuh sapi apakah ada yang cacat atau tidak,umur hewan yang dilihat dari gigi serta tanduk, Jika sudah dilakukan pemotongan kita lihat bentuk hati, serta daging hewan qurban tersebut ” kata saudara Ari saat ditemui dilokasi pemeriksaan.

Dalam pemeriksaan kesehatan hewan qurban kali ini, Petugas Puskeswan di tongar, juga pemasok hewan qurban yaitu Deni Sumarsono.

Deni mengatakan “Untuk Tahun ini Omset Penjualan Sapi qurban menurun, yang biasanya tahun lalu 40 ekor lebih, untuk tahun ini sekitar hanya 26 ekor saja, penurunan ini mungkin terjadi karena efek Covid 19, Untuk kisaran harga Deni sumarsono mematok harga tergantung besar sapi, dari harga 14 juta sampai 20 juta dan semua adalah sapi jantan, Untuk pembeli biasanya datang dari wilayah simpang empat sekitar, daerah ujung gading, sampai ke paraman ampalu” kata Deni.

Kepada Padang Expo Deni sangat mengapresiasi hal yang dilakukan oleh petugas kesehatan hewan ini “Saya sangat senang jika ada petugas yang datang melakukan pemeriksaan sapi sebelum sampai kepada pembeli, karena pembeli tidak perlu ragu lagi untuk membeli hewan qurbannya”. (by.roni)