Ketua BK DPRD Pasaman Barat, Endang Jaya Putra Panggil Saksi Terkait Anggota DPRD Bermasalah

23

Pasaman Barat, Padang Expo

Ketua Badan Kehormatan DPRD Kabupaten Pasaman Barat, Endang Jaya Putra akan memanggil saksi terkait dugaan tentang anggota DPRD yang bermasalah.

“Kita akan memanggil saksi-saksi baik saksi terlapor ataupun dari masyarakat kita akan meminta keterangan antara dua belah pihak,” kata Endang Jaya Putra, Rabu (29/7/2020).

Ia menyampaikan sebelumnya pihaknya telah menerima surat pengaduan dari masyarakat bahwa ada oknum anggota DPRD yang bermasalah.

Laporan itu yakni ada oknum anggota DPRD yang diduga memalsukan SK kepengurusan Partai Gerindra, dugaan pencemaran nama baik Puan Maharani, dan dugaan keterlibatan pencurian alat pengukur suhu atau Thermo Gun.

“Perbuatan itu diduga dilakukan oleh Ketua DPRD. Masalah ini akan kita proses sambil memperbaharui tata tertib beracara dalam sidang anggota yang bermasalah,” sebutnya.

Pihaknya menjadwalkan pada 3 Agustus 2020 nanti yang bersangkutan akan dipanggil mendengarkan keterangan atas pengaduan masyarakat itu.

“Hasil akan kita bacakan dalam rapat paripurna nantinya maka akan dibawa kesidang paripurna dan dibahas secara bersama dan terbuka untuk umum,” ujarnya.

Menurutnya ada empat sanksi jika terbukti bermasalah yakni teguran lisan, teguran tulisan, pemberhentian jabatan struktural dan rekomendasi pemberhentian dari anggota DPRD.

“Sanksi itu belum jelas karena yang bersangkutan akan dipanggil dalam waktu dekat,” tegasnya.Endang Jaya Putra depan awak media.(by roni)