Pelaksanaan Sholat Idul Adha 1441 H di Halaman Kantor Bupati Agam Berlangsung Khidmat

21

Lubuk Basung, Padang Expo

Pelaksanaan Hari Raya Idul Adha tahun ini begitu terasa berbeda. Hal ini tak lain dikarenakan pandemi Covid-19 yang belum juga mereda. Namun, nilai dan makna Hari Raya Qurban ini tidak boleh berkurang meskipun di masa pandemi.

Terlihat di Halaman Kantor Bupati Agam, pelaksanaan Sholat Idul Adha 1441 H berlangsung dengan sangat khidmat, Jum’at (31/7).

Dalam pelaksanaan Sholat Idul Adha tersebut, turut menjadi imam H.Jarnaini dan Khatib mimbar Marva Edison.

Pelaksanaan Sholat Idul Adha tersebut berlangsung pada pukul 07.20 WIB. Turut menghadiri langsung Bupati Agam Dr. H. Indra Catri, Kakan Kemenag Agam Edy Oktafiandi, Kapolres Agam AKBP Dwi Nur Setiawan, Sekdakab Agam Martias Wanto dan segenap Pejabat di Agam dan Masyarakat.

Meskipun telah dilaksanakannya Sholat Idul Adha 1441 H secara bersama, namun protokol kesehatan tetap diterapkan di Agam, seperti sebelumnya memakai masker, jaga jarak serta mencuci tangan.

Dalam pantauan tim Padang Expo dilokasi, sekira pukul 07.00 WIB para jemaah sudah mulai ramai mendatangi lokasi Sholat.

Dalam hal ini, Surya Wendri selaku Kabag Kesra Setdakab Agam mengatakan bahwa tingkat kesadaran masyarakat di Agam dalam menerapkan protokol kesehatan sudah sangat bagus. Sebelum memasuki lokasi, para jemaah sudah melakukan cuci tangan pada tempat yang telah disediakan.

Kabag Kesra Setdakab Agam, Surya Wendri menyebutkan, kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan cukup tinggi. Sebelum masuk jemaah diarahkan untuk mencuci tangan di tempat yang sudah disediakan.

Tidak itu saja, kita juga telah menyediakan masker bagi para jemaah yang lupa membawanya, dan mengatur jarak para jemaah, terangnya.

Surya mengatakan, pada waktu akan pelaksanaan Sholat Idul Adha merasa sangat khawatir, karena saat itu cuaca sudah mendung, akhirnya Bupati Agam, Dr. H. Indra Catri meminta agar segera mempercepat waktu pelaksanaan Sholat tanpa memberikan sambutan seperti pada tahun sebelumnya.

Baca Juga :  Pemkab Agam Data Seluruh Penumpang Kendaraan yang Melintas ke Agam

Sedangkan, Edy Oktafiandi selaku Kakan Kemenag Agam mengatakan, bahwa dalam menyambut hari raya Idul Adha 1441 H tahun ini sangat berbeda dari waktu sebelumnya. Sebab, pada waktu sebelumnya selalu dimeriahkan dengan takbir keliling, namun untuk kali ini hanya dilakukan di Masjid dan Mushalla untuk membatasi kunjungan jemaah dan harus menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran CoVID-19, ungkapnya. (d79/anz)