Rumah Baca Lansek Manih di Taman Edukasi Bukik Gadang Diresmikan Oleh Bupati Sijunjung Bersama Rektor UNP

50

Sijunjung, Padang Expo

Bupati Kabupaten Sijunjung Drs. H. Yuswir Arifin, M.M. DT. Indo Marajo bersama dengan Rektor Universitas Negeri Padang Prof. Ganefri, Ph.D resmikan Rumah Baca Lansek Manih yang berlokasi di Taman Edukasi Bukik Gadang Muaro Sijunjung, yang dihadiri oleh pejabat dan Kepala Dinas, Sabtu (25/7) lalu.

Adapun Rumah Baca Lansek Manih di Muaro Sijunjung ini merupakan program kerja Mahakarya Mahasiswa KKN Lansek Manih di Muaro Sijunjung yang merupakan KKN gabungan di Nagari Muaro, Kecamatan Sijunjung, Kabupaten Sijunjung.

KKN gabungan ini diikuti oleh mahasiswa dari Universitas Negeri Padang, Universitas Andalas, Universitas Negeri Medan, UIN Imam Bonjol Padang, Universitas Udayana, dan UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Pada waktu sebelumnya, mahasiswa KKN Gabungan tersebut memilih tempat Rumah Baca di Taman Edukasi Bukik Gadang ini karena sebelumnya Bukik Gadang tersebut termasuk lahan tidur.

Berdasarkan hal tersebutlah, para Mahasiswa KKN Gabungan tersebut akhirnya bekerjasama dengan Dinas Perkim LH yang dipimpin oleh Riky Mainaldi Neri.

Mendapatkan ide dari mahasiswa KKN tersebut, akhirnya tidak pikir panjang Riky Mainaldi Neri segera menampung aspirasi mahasiswa tersebut untuk menjadikan Bukik Gadang menjadi sebuah Ruang Terbuka Hijau untuk publik, khususnya masyarakat Sijunjung.

Berkat kerjasama tersebut, akhirnya penggarapan lahan Bukik Gadang tersebut direalisasikan dan akhirnya menjadilah sebuah Taman Bukik Gadang, dan tepat juga dihari ini sekaligus diresmikannya Rumah Baca Lansek Manih di Taman Bukik Gadang oleh Pemkab bersama Rektor UNP.

Semoga dengan adanya Rumah Baca Lansek Manih  di Taman Bukik Gadang ini mampu menarik perhatian masyarakat Sijunjung untuk berkunjung kesini, bukan hanya untuk sekedar melepas lelah, berwisata, namun mampu menyerap kemauan para pemuda-pemudi di Sijunjung untuk melakukan aktifitas yang lebih positif, dan Taman Bukik Gadang semakin banyak diminati kedepannya.

Baca Juga :  Dinas Perkim-LH Kabupaten Sijunjung, Gelar Kegiatan Manunggal Rutin Harian Bersama Warga Jorong Subarang Ombak

Rektor UNP Ganefri menjelaskan, bahwa Rumah Baca Lansek Manih Muaro Sijunjung akan meujudkan kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Sijunjung untuk melaksanakan Program Studi Diploma 4 Pariwisata dan Perhotelan kedepannya.

Ganefri mengatakan, semoga program studi D4 Pariwisata Perhotelan berupa ini segera kita wujudkan. Dengan adanya kerjasama UNP dan Pemkab Sijunjung  dapat mewujudkan Program Studi D4 Pariwisata Perhotelan di Kabupaten Sijunjung berupa Program Studi di Luar Kampus Utama, ujarnya.

Ia menerangkan bahwa Universitas Negeri Padang juga akan memberikan perhatian untuk pengembangan pendidikan bagi masyarakat Kabupaten Sijunjung.

Selain untuk mewujudkan Program Studi D4 Pariwisata dan Perhotelan, Universitas Negeri Padang juga akan memberikan peluang melanjutkan pendidikan bagi siswa-siswa berprestasi yang mungkin saja lemah secara ekonomi keluarganya, jelas Ganefri.

Bupati Drs. H. Yuswir Arifin, M.M. DT. Indo Marajo juga sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Rektor Universitas Negeri Padang yang selalu memberikan perhatian pada dunia pendidikan di Kabupaten Sijunjung.

Dalam hal ini Bupati berharap agar pengembangan pendidikan terutama pendidikan di Kabupaten Sijunjung tentulah berharap kepada Universitas Negeri Padang melalui Rektor Prof. Ganefri, Ph.D, ungkapnya.

Kegiatan peresmian Rumah Baca Lansek Manih juga dihadiri oleh para mahasiswa KKN Gabungan beberapa perguruan tinggi tersebut.

Dengan adanya Taman Bukik Gadang dan Rumah Baca Lansek Manih ini semoga nantinya bisa memunculkan ruang publik lainnya yang serupa untuk memberikan manfaat bagi lingkungan maupun masyarakat yang ada disekitar. (wdz/red)