Tuntut Pembangunan Jalan yang Layak, Ratusan Warga Sikilang Gelar Aksi Demo di DPRD Pasbar

17

Pasaman Barat, Padang Expo

Ratusan massa yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Peduli Keadilan (Ampek) Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, menggelar aksi demo ke Kantor DPRD Kabupaten Pasaman Barat di Padang Tuju, Rabu (29/7)

“Kami meminta kepada anggota DPRD Pasaman Barat, agar segera melakukan pembangunan jalan dan jembatan yang layak untuk kami, saat ini jalan di kampung kami sangat tidak layak dan rusak sekali,” kata Orator Aksi Sofyan Huda, saat menyampaikan aspirasinya di depan gedung DPRD setempat

“Sudah 10 tahun lebih lamanya, kami tidak merasakan jalan dan jembatan yang layak,” katanya.

Ia menuturkan, akibat jalan yang rusak dan tidak layak tersebut sejumlah korban jiwa meninggal dunia saat dalam perjalanan karena tidak sampai menuju ke rumah sakit yang jaraknya sangat jauh ke Kota kabupaten.

“Kami mendesak anggota DPRD Pasaman Barat agar memfasilitasi satu unit mobil ambulans untuk transportasi warga Kampung Sikilang,” tegasnya.

Selain itu, kami mendesak kepada anggota Badan Kehormatan (BK) Dewan Perwakilan Rakyat Pasaman Barat untuk memberikan sikap terkait isu Ketua DPRD yang bermasalah.

Sementara itu, Ketua Komisi III DPRD Pasaman Barat H.Baharuddin R mengatakan,seluruh tuntutan massa aksi kami telah dengar, nanti kita minta Bupati Pasaman Barat segera menganggarkan pembangunan jalan dan jembatan di Sikilang dan jika setuju diteruskan nanti ke DPRD Pasaman Barat untuk persetujuan anggaran tersebut.

“Terima kasih aspirasinya yang disampaikan oleh masyarakat, rekomendasi tuntunan ini sudah kami tanda tangani,” kata Baharuddin R didampingi Ketua BK DPRD Pasaman Barat, Endang Jaya Putra.

Pantauan Wartawan Padang Expo  di halaman, gedung DPRD Pukul 12.20 WIB, ratusan warga berasal dari Jorong Sikilang, Kecamatan Sungai Aur, Kabupaten Pasaman Barat mendatangi Kantor DPRD Pasaman Barat, setelah melakukan aksi ke DPRD Pasaman Barat, pukul 13.05 WIB, massa melanjutkan aksinya ke Kantor Bupati Pasaman Barat, setiba di  halaman kantor Bupati tersebut, para pedemo disambut oleh Sekda Pemkab Pasaman Barat Yudesri, didampingi ole ketua komisi lll DPRD H Baharuddin R di ruang Balkon Kantor Bupati Pasaman barat.

Terhadap tuntutan masyarakat Sikilang, Sekda Yudesri bersama ketua Komisi lll H Baharuddin R memberikan solusi pinjam pakai satu unit ambulans Korpri kepada masyarakat Sikilang guna dimanfaatkan untuk kepentingan warga Sikilang.

Atas solusi tersebut pengunjuk rasa merasa senang dan berterima kasih atas solusi yang diberikan Pemerintah Daerah Pasaman Barat. (By roni)