Gedung Kantor Telkom di Pekanbaru Terbakar, Jaringan Telkomsel Lumpuh Hingga ke Padang

0

Pekanbaru, Padang Expo

Jaringan Telkomsel di Pekanbaru dan beberapa daerah lainnya di Riau hingga saat ini tidak bisa diakses sejak Selasa siang, 11 Agustus 2020 sekira pukul 14.30.Untuk Sementara dugaan ini disebabkan Gedung Telkom dan Grapari Telkomsel di Jalan Hang Tuah, Pekanbaru, terbakar.

Di gedung beberapa lantai itu, tampak asap pekat membumbung ke udara. Jilatan api masih terlihat di beberapa lantai tempat operator Telkom, Telkomsel, serta provider internet lainnya beroperasi itu.

Dinas Pemadam dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Pekanbaru berusaha memadamkan api dengan menurunkan delapan mobil pemadam. Hingga Selasa sore, pemadaman masih berlangsung.

Dalam Peristiwa ini tak hanya melumpuhkan jaringan seluler telepon. Internet perkantoran ataupun rumah yang berasal dari perusahaan milik negara itu tidak bisa diakses sama sekali.

Burhan Gurning selaku Kepala Damkar dan BPBD Pekanbaru menjelaskan, api diduga berasal dari lantai dua gedung Telkom. Api diduga berasal dari percikan korsleting listrik di lantai itu.

“Kebetulan siang tadi lewat sini, sedang memegang HT. Lihat asap pekat langsung saya hubungi anggota karena jaringan telepon Telkomsel tidak bisa dipakai,” kata Burhan.

Burhan sudah berkomunikasi dengan pihak Telkom. Pihak perusahaan mengakui akibat kebakaran ini menyebabkan jaringan seluler dan internet di Pekanbaru lumpuh total.

“Gangguan ini kalau dari keterangan orang Telkom tadi, bisa satu minggu. Tapi kita berharap Telkomsel segera memperbaikinya,” kata Burhan.

Akibat dari kejadian ini, bukan hanya di Pekanbaru, namun sampai ke Wilayah Sumatera Barat.

Kejadian ini sempat dibenarkan oleh Nazif, salah satu teknisi Telkomsel Padang kepada media ini, bahwa memang ada gangguan akibat adanya kebakaran di Gedung Telkom dan Grapari Telkomsel, ujarnya.

Baca Juga :  Plt.JMSI Sumbar, Syahrial Aziz : Gelar Rapat Pembentukan Pengurus Untuk Memperkuat Esensi Media Online

Hingga berita ini diturunkan, pihak telkomsel dan para teknisi masih terus melakukan upaya perbaikan. (FD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here