LPM Pasar Usang Inisiasi Recovery Ekonomi Pasca Covid-19 di Bidang Pendidikan dengan Program PETIR

0

Padang panjang – Padang Expo

Untuk membantu pemerintah Daerah dalam hal Recovery Ekonomi Pasca Covid-19 lembaga pemberdayaan masyarakat (LPM) Kelurahan Pasar Usang membuat gerakan yang diberi nama dengan PETIR.

Program ini dilahirkan cikal bakal dari pertemuan kami di seluruh tokoh-tokoh masyarakat Element masyarakat dari Perantau di Jakarta maupun perantau Luar Negeri.

Jadi program ini lahir adalah untuk meringankan beban masyarakat Kelurahan Pasar Usang Pasca pandemi yaitu khususnya dalam bidang Pendidikan.

Dimana PETIR itu sendiri kepanjangannya adalah program peduli pendidikan dan prestasi di kelurahan kata Lurah Pasar Usang, Romi Rahman ST. saat melakukan pertemuan dengan Walikota Padang Panjang di kantor Balaikota Kamis Minggu lalu.

LPM PAUS dengan Program PETIR (Peduli Pendidikan dan Prestasi Di Kelurahan)

Setelah melakukan pertemuan dan sekaligus menyerahkan SK kepada Walikota Padang Panjang Bapak H. Fadly Amran BBA Datuak Paduko Malano di ruang kerjanya pada tanggal 06 – Agustus 2020 lalu.

“Walikota Fadly Amran pada pertemuan tersebut mengatakan kepada pengurus PETIR yang hadir, Tentunya saya mengapresiasi Program yang sudah di inisiasi oleh LPM Pasar Usang tadi, menciptakan Program Recovery Ekonomi menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan dan tentunya, ini Program yang patut ditiru

Untuk LPM-LPM maupun  kelompok-kelompok masyarakat sehingga betul-betul bisa Berkontribusi langsung Pasca Covid-19 ini melalui Recovery Ekonomi, Sosial ataupun hal-hal yang tentunya meringankan beban masyarakat kita, sebutnya.

Ditambahkan juga oleh Fadly Amran, tentunya ini bisa menjadi contoh bagi LPM se kota Padang Panjang dan hal-hal seperti ini sangat dibutuhkan karena Sinergitas antara pemerintah dan kelompok masyarakat tentunya akan meringankan kerja kita, apalagi di masa-masa sulit seperti sekarang ini sebut Wako.

Baca Juga : 

PETIR di bawah komando seorang Srikandi di kelurahan Pasar Usang Nini Yanti dengan semangat yang tinggi dan tidak cepat merasa puas sebelum mencapai hasil maksimal demi masyarakat banyak di kelurahan, Nini selalu mencari dan mencari Donatur tetap untuk sebuah kegiatan sosial ini.

Kali ini Ketua PETIR itu melakukan pertemuan untuk tetap berdikusi dengan pengurus lainnya bagaimana PETIR agar mencapai target yang maksimal, kali ini pertemuan diadakan di  Soto Mak Kayo pada hari Jum’at (21/08).

Dalam pertemuan itu juga hadir Ketua LPM Paus Syafriyanto YB, Sekretaris PETIR Kwang Yung, juga  hadir Ketua Karang Taruma Paus Herman Baher Datuak Batuah yang namanya sudah tidak asing lagi di kelurahan PAUS tersebut dan juga hadir beberapa orang anggota pengurus PETIR.

” Mini Yanti selaku ketua PETIR menyampaikan kepada yang hadir sekaligus kepada ketua Karang Taruna yang akrab disapa dengan nama Herman Baher itu, bahwa bantuan yang diberikan oleh Donatur Hamba Allah sebelumnya adalah 50 paket, masing-masing paket senilai 300 ribu rupiah berupa perlengkapan sekolah seperti Tas, Sepatu, Buku dan Baju, yang harus kita distribusikan kepada siswa-siswi setingkat pelajar Sekolah Dasar (SD) disaat launching nantik di pertengahan bulan September mendatang, semuanya bagi penerima sudah dilakukan survei oleh pengurus PETIR beberapa waktu lalu, sebut Nini.

Ditambahkan oleh Nini, hasil survei dari pengurus PETIR kita memperoleh informasi dilapangkan yang harus menerima bantuan kenyataannya lebih kurang sekitar 193 siswa-siswi, jadi minimal untuk tahap pertama kita harus memenuhi sekitar 100 orang siswa untuk penerima paket tersebut, katanya.

“Pada kesempatan itu ketua Karang Taruna Herman Baher juga angkat bicara dia dan beberapa orang teman yang lainnya Hamba Allah yang juga tidak mau disebutkan namanya bersedia membantu kegiatan yang dilakukan PETIR tersebut sebanyak 30 paket sekaligus menjadi Donatur tetap secara terus-menerus pada setiap semester satu dan semester dua insyaallah untuk seterusnya, sebut Herman.

Baca Juga :  Program Kegiatan Rehab Warung di Padang Panjang Terkesan Asal Jadi

“Pada kesempatan itu disampaikan juga oleh Sekretaris PETIR Kwang Yung salah seorang takoh Pemuda keturunan Tionghoa itu sebagai berikut, bahwa Herman Baher sangat mengapresiasi sekali bahkan beliau meminta kita untuk mendirikan Yayasan PETIR di bidang Pendidikan, Ekonomi, Budaya dan Pariwisata kedepannya.

Ditambahkan juga oleh Kwang Yung, tentang persiapan launching nantik berupa baju seragam untuk Anggota PETIR juga untuk beberapa tamu dari Pemko dan juga dari DPRD serta untuk para Donatur tetap nantinya sudah dipersiapkan oleh Herman Baher, tidak ketinggalan berupa alat kesenian nantinya sesuai protokol kesehatan Covid-19, imbuh Kwang Yung.

“Ketua LPM PAUS Syafriyanto YB juga menyampaikan tentang pertemuannya dengan Donatur Hamba Allah tersebut setelah sholat Jumat  yang memberikan bantuan 50 paket itu juga telah menyiapkan baju kaos yang telah diberi lambang LPM kelurahan Pasar Usang dan PETIR sebanyak 100 lembar yang juga akan dibagikan kepada siswa-siswi itu nantinya. (Lala)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here