PKB – PKS Tandatangani Koalisi Keumatan Untuk Pilkada Sijunjung 2020

28

Sijunjung, Padang Expo

Pilkada Serentak 2020 memerlukan dukungan dan partisipasi dari berbagai pihak agar terselenggara dengan baik. Lembaga penyelenggara pemilu akan mengintensifkan koordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 untuk memastikan protokol kesehatan disiplin tetap diterapkan.

Begitu juga khususnya dengan peta politik pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di Sijunjung pada Desember 2020 mendatang akan menjadi semakin hangat.

Tepat pada tanggal 1 Agustus 2020, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai kebangkitan Bangsa (PKB) telah membuat kesepakatan untuk berkoalisi. Adapun penandatanganan kesepakatan koalisi ini bertempat di Muaro Sijunjung.

Seperti diketahui, PKS dan PKB Kabupaten Sijunjung masing-masing memiliki 3 kursi di DPRD Kabupaten Sijunjung, sehingga memenuhi syarat pengajuan calon bupati dan wakil bupati ke Komisi Pemilihan Umum Daerah.

Ustadz Zulkfli selaku Ketua DPD PKS Sijunjung, mengatakan,” terkait koalisi PKB dan PKS ini sudah direncanakan beberapa waktu lalu. Alhamdulillah beberap waktu lalu akhirnya diperoleh kesepakatan, dengan nama Koalisi Keumatan,” terangnya.

Beliau mengatakan, adapun Koalisi Keumatan ini dibuat bertujuan untuk membawa sebuah perubahan untuk Kabupaten Sijunjung. Dengan posisi PKS mempunyai 3 kursi dan PKB juga 3 kursi, maka itu sudah lebih dari cukup untuk mendaftar di KPUD, namun kita tetap akan membuka diri dengan partai lain, ujarnya.

Terkait untuk Bacalon yang akan diusung nantinya oleh Koalisi Keumatan ini, saat ini kita belum apungkan. Namun, siapa Bacalon nya sudah hampir final, ujar Ustadz Zulkfli.

Beliau mengatakan,” Insya Allah dalam waktu dekat ini akan diumumkan, namun pada prinsipnya akan ada perpaduan antara sosok Da’i dan latar belakang pengusaha,”

Dalam kesempatan yang sama, Nofriadi Zulka selaku Ketua DPC PKB mengatakan bahwa keputusan untuk membentuk Koalisi Keumatan ini sudah melalui berbagai pertimbangan. Namun tujuan yang paling penting dari Koalisi PKB-PKS untuk kemajuan daerah dan masyarakat Ranah Lansek Manih, ujarnya saat didampingi Sekretaris DPC PKB.

Baca Juga :  Pemuda Josuba Nagari Muaro Sijunjung, Sumbangkan Kambing Qurban di Hari Raya Idul Adha 1441 H  

Turut hadir dalam Jumpa Pers Koalisi Keumatan tersebut Sekretaris DPD PKS, Ustadz Sofyan Hendri yang juga anggota Fraksi PKS, serta beberapa kader.

Sedangkan dari pihak PKB juga hadir dua anggota DPRD Fraksi Kebangsaan, Almasta Boy dan Desriwan.(wdz/red)