Positif CoVID-19 di Kabupaten Agam, Bertambah 10 Orang Lagi

19

Agam, Padang Expo

Kasus CoVID-19 di Kabupaten Agam kembali bertambah, menyusul ditemukannya 10 orang penderita baru positif CoVID-19 sebagaimana hasil test swab yang dikeluarkan oleh Laboratorium Biomedik FK Unand Padang, Selasa (25/8/2020) malam.

Informasi yang diperoleh dari Kabid P2P Dinkes Agam, Trivipo SKM menyatakan tambahan 10 warga yang dinyatakan positif CoVID-19 itu, 6 warga berasal dari Kecamatan IV Angkek yang merupakan hasil tracking Kluster Batang Buo yakni KE dan NF tenaga kesehatan yang bertugas di RSSN Bukittinggi, yang dinyatakan positif CoVID-19 sebelumnya, sedangkan 3 warga lagi berasal dari Lambah Kecamatan IV Koto terpapar karena menghadiri acara baralek di Batang Buo IV Angkek, sedangkan 1 warga lagi berasal dari Kecamatan Baso yang sebelumnya Rapid Test nya reaktif.

Menurut Trivipo ini merupakan kasus harian tertinggi di Kabupaten Agam sejak Pandemi CoVID-19 terjadi awal Maret lalu.

Sementara itu Kepala Puskesmas Biaro Kecamatan IV Angkek, dr.Annisa Sofyan, ketika dikonfirmasi oleh awak media Padang Expo, membenarkan ada 6 orang warganya yang positif CoVID-19 yang berasal dari Jorong Batang Buo, masing-masing berinisial, SD laki-laki (63 thn), FT perempuan (62 thn), ER perempuan (68 thn), MF laki-laki (5 thn), MJ perempuan (19 thn ), dan YS perempuan (40 thn), sementara 3 orang lagi merupakan warga Lambah Kecamatan IV  Koto terpapar di Batang Buo, karena menghadiri acara resepsi pernikahan masing-masing berinisial, AD laki-laki (51 thn), NV perempuan (49 thn) dan MIN laki-laki (20 thn). Sedangkan 1 orang lagi postif CoVID19 merupakan warga yang berasal Kecamatan Baso berinisial AG perenpuan (45 thn).

Lebih lanjut dr. Annisa mengatakan, bahwa seluruh penderita baru CoVID-19 akan segera dilakukan isolasi menunggu tim Gugus Tugas Percepatan CoVID19 (GTP2 COVID-19) Kabupaten Agam menyiapkan lokasi isolasi.

Baca Juga :  Kejari Agam Dampingi Pemkab Agam Dalam Pengelolaan Dana BTT

Ditambahkan, pihaknya Puskesmas Biaro bersama tim gugus tugas Kecamatan IV Angkek dibawah komando Camat Yogi Astarian tengah mempersiapkan tracking termasuk akan melakukan tes swab massal bagi warga Jorong Tambuo karena jumlah warga yang dicurigai memiliki kontak erat dengan 9 warga yang dinyatakan positif terpapar CoVID-19 itu cukup banyak.

Dengan penambahan 10 kasus baru itu, maka terjadi penambahan jumlah warga Agam yang positif terpapar CoVID-19 menjadi 84 kasus, dengan rincian 42 tengah menjalani perawatan dan isolasi, 39 sembuh dan 3 orang meninggal dunia. (99HR)