Wali Kota Bukittinggi Lantik 23 Orang Pejabat Fungsional Kesehatan Sekaligus Penyerahan Satya Lencana Karya Satya Kepada 313 Orang ASN 

16

Bukittinggi, Padang Expo

Wali Kota Bukittinggi melantik sebanyak 23 orang pejabat fungsional Kesehatan dan penyerahan secara simbolis Anugerah Tanda Kehormatan Satya Lencana Karya Satya kepada 313 orang ASN Pemko Bukittinggi. di balairung Rumah Dinas Wali Kota Bukittinggi, pada Rabu (19/08).

Wali Kota Bukittinggi HM.Ramlan Nurmatias, SH mengharapkan kepada yang dilantik agar bersyukur akan nikmat yang diterima ini. Dengan dilantik secara resmi memangku jabatan tersebut, hendaknya mampu memaknai bahwa dibalik jabatan yang dipercayakan tersebut ada tanggung jawab yang tidak ringan.

“Jika dilaksanakan dengan baik dan ikhlas, yakinlah akan menjadi ibadah dan dibalas dengan kebahagiaan dan pahala disisi Allah SWT. Apalagi dalam kondisi saat ini, saat tenaga medis merupakan garda terdepan penanggulangan pandemi covid-19, pengangkatan jabatan fungsional kesehatan sedikit banyak dapat menambah dan meningkatkan semangat juang kita dalam mengabdi. Perjuangan masih tetap berlangsung dan beum diketahui kapan berakhirnya,”ujar Ramlan Nurmatias.

Wako Ramlan juga berpesan, kepada PNS penerima penghargaan Satyalencana Karya Satya agar penghargaan tersebut dimaknai dengan sikap syukur serta pengabdian yang lebih baik lagi.

Wako juga berpesan agar seluruh ASN di kota Bukittinggi menjaga netralitas terkait dengan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah, termasuk Pemilihan Wali Kota Bukittinggi pada bulan Desember nanti.

“Jadilah panutan di tengah masyarakat. Bersikaplah dengan bijak sehingga roda demokrasi di Kota Bukittinggi tidak dicederai dengan perilaku PNS yang melangar netralitasnya. Netralitas bukan berarti menghilangkan hal pilih saudara, namun pergunakanlah hak pilih tersebut menurut hati nurani dan penuh rasa tanggung jawab,”kata Wako Ramlan.

23 jabatan fungsional yang dilantik terdiri dari lima dokter, lima perawat, empat perekam medis, tiga pranata labor yang merupakan PNS formasi tahun 2018. Ditambah tiga orang pengangkatan dalam jabatan fungsional baru yaitu 2 orang penyuluh kesehatan masyarakat dan 1 orang apoteker.

Baca Juga :  Wali Kota Bukittinggi Sambut Kedatangan Pangdam I/Bukit Barisan Beserta Rombongan

Sementara Anugerah Satya Lencana Karya Satya diberikan kepada 313 orang ASN di lingkungan Pemerintah Kota Bukittinggi, Penghargaan Satyalencana Karya Satya adalah tanda penghargaan yang diberikan Negara kepada PNS yang telah berbakti selama 10 tahun atau 20 tahun atau 30 tahun lebih secara terus menerus dengan menunjukkan kecakapan, kedisiplinan, kesetiaan serta pengabdian sehingga dapat dijadikan teladan bagi setiap PNS lainnya. Tahun ini sebanyak 56 PNS menerima penghargaan untuk masa kerja 30 tahun atau lebih (medali warna emas), 38 PNS untuk masa kerja 20 tahun atau lebih (medali warna perak), dan 219 PNS untuk masa kerja 10 tahun lebih (medali warna perunggu). Penerima penghargaan juga menerima sertifikat yang ditandatangani oleh Presiden RI. (fadhil/rahmi)