Pemkab Agam Berlakukan Sanksi Bagi Masyarakat yang Melanggar AKB

76

Agam (padangexpo.com)

Pemerintah Kabupaten Agam melalui Tim Terpadu Penegakan Perda  Provinsi Sumatera Barat nomor 6 tahun 2020, tentang AKB,  Selasa,20/10/2020, mulai memberlakukan penerapan sangsi bagi masyarakat yang  melanggar Perda nomor 6 tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) yang sudah disosialisasikan beberapa waktu lalu.

Menurut Sekda Agam Martias Wanto, yang juga Ketua harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (GTP2 Covid-19) Agam, dijadualkan mulai Selasa ini akan digelar operasi khusus yustisi di seluruh wilayah Kabupaten Agam, yang akan menyisir ke berbagai titik, baik lokasi keramaian, pasar-pasar dan berbagai lokasi lain yang menjadi objek kunjungan banyak warga.

Sesuai ketentuan, Perda  AKB sudah harus diberlakukan termasuk sangsi terhadap pelanggaran yang dilakukan masyarakat, tidak hanya berkaitan dengan pelanggaran, tapi juga sinkron data warga yang melanggar Perda AKB yang sinergi dengan seluruh daerah di Sumbar.

Ditegaskan Martias Wanto, sesuai aturan dalam Perda AKB, sasarannya adalah bagi perorangan dan pelaku kegiatan atau usaha yang tidak menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan. “Selain itu, kita juga akan masuk dan meninjau langsung ke dalam instansi dan perusahaan-perusahan yang ada di Kabupaten Agam. Untuk melihat apakah perusahaan tersebut telah menerapkan protokol kesehatan,” jelasnya.

Dalam Perda AKB dijelaskan, bagi perorangan yang kedapatan melanggar aturan terutama melanggar protokol kesehatan, maka akan langsung diberlakukan sanksi berupa teguran tertulis, dan sanksi sosial atau denda sebesar Rp100 ribu, ” bagi pelaku usaha atau kegiatan, akan langsung ditindak sesuai dengan aturan yang berlaku,” jelasnya.

“ Kita berharap, dengan penerapan Perda AKB termasuk sangsi bagi pelanggar, bisa mendorong kedisiplinan dan ketaatan masyarakat dalam mentaati protokol kesehatan, sehingga kasus baru covid-19 di kabupaten Agam bisa semakin ditekan, “tegas Martias Wanto. (99 HR)

BACA JUGA :  Tim Penilai Kesatuan Gerak PKK Bangga Kencana Provinsi Sumbar, Lakukan Verifikasi dan Penilaian Terhadap TP PKK Agam