Suksesnya Konferda I Pewarna Jabar: Terpilihnya Kefas Hervin Devananda, S.H, S.Th, M.Pd.K Sebagai Ketua DPD Pewarna Jabar Masa Bakti 2020-2025

0
Ketua DPD Pewarna Jabar Kefas Hervin Devananda, S.H, S.Th, M.Pd.K

Bekasi (padangexpo.com)

Persatuan Wartawan Nasrani (PEWARNA) Indonesia sebagai organisasi profesi Wartawan terus mengembangkan kepengurusan Daerah (DPD) di seluruh Indonesia. Ini adalah bagian dari amanat Konggres ke 2 PEWARNA Indonesia 2019 yang lalu. Sebagai Ketua Umum 2 periode Ini Yusuf Mujiono beserta Pengurus DPP 2019-2024 Memikul amanat ini.

Di Tahun 2020 ini sudah ada 4 DPD yang sudah menyelenggarakan Konferensi Daerah (Konferda). Yaitu DPD DKI Jakarta, DPD Banten, DPD Sulawesi Utara dan DPD Jawa Barat.

Untuk Konferda Jawa Barat surat penugasan penyelenggaraan Konferda di Berikan kepada Kefas Hervin Devananda, S.H, S.Th, M.Pd.K. pada bulan Pebruari 2020. Namun dikarenakan Indonesia terkena Pandemi COVIDS 19, agenda Konferrda Jabar dan daerah lainnya pun urung segera terlaksana.

Menyikapi kondisi demikian Dewan Pimpinan Pusat gelar Rapat Kordinasi (Rakor) di Sukabumi. Hasil Rakor salah satunya adalah segera dituntaskan tugas pelaksanaan Konferda dengan tetap mengikuti ketentuan Pemerintah dimasa pandemi.

Konferda Jabar yang diselenggarakan pada tanggal 28 Oktober 2020 adalah daerah yang terakhir setelah DKI Jakarta, Banten dan Sulawesi Utara (Sulut).

Mengambil tema Peran Jurnalis Membangun Kebersamaan Lintas Agama di Indonesia dimaksudkan mengobarkan semangat Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 ditengah berbagai persoalan Bangsa dan Negara dalam menghadapi Pandemi COVIDS 19 yang mendunia. Kefas sebagai ketua panitia mengungkapkan bahwa Konferda I Jabar ditengah situasi pandemi tidaklah mudah.

Dikarenakan Jawa Barat memilki wilayah yang lebih luas dengan penduduk yang lebih banyak dibanding daerah lainnya. Tapi dengan modal keyakinan bersama tim panitia bahu membahu menghubungi berbagai jaringan rekan2 jurnalis di Jawa Barat.

“Kami panitia modalnya hanya doa dan keyakinan serta langkah nyata dalam mensukseskan Konferda I Jawa Barat ini” tuturnya. Lebih lanjut dijelaskannya bahwa kerja-kerja panitia dan dukungan rekan-rekan jurnalis di Jawa Barat menghasilkan tahapan persiapan hingga pelaksanaan Konferda I Jabar yang hari bisa terlaksana.

Baca Juga :  Pengendara Mobil yang Buang Kantong Sampah di Kalimalang, Serahkan Diri ke Polres Metro Bekasi

Konferda I Jabar yang dilaksanakan di Kota Bekasi tepatnya di BICC Hall,kota Bekasi. Alasan mengapa Kota Bekasi dipilih sebagai tempat terlaksananya Konferda yang I , hal ini dimaksudkan agar sejarah Patriotik dikota Bekasi menjadi spirit bagi Jurnalis di Jawa Barat dalam menjalankan Profesinya serta Kota Bekasi adalah Sebuah Potret keragaman dan bagaimana Stake holder yang ada di kota Bekasi merajut Ke Bhinnekaan dengan sangat Nyata sekali, dan hal ini bukan saja peran pemerintah Daerah Semata akan tetapi semua elemen masyarakat yang ada di kota Bekasi.

 

Pelaksanaan Konferda I Jawa Barat mendapat perhatian dari Pemerintah Kota Bekasi dan stakeholder kota bekasi. Hadir di Konferda, Kesbangpol kota Bekasi yang diwakilkan oleh H. Abdul Kadir Djaelani S.IP, M.M . Kasubbid Bela Negara dan Karakter Bangsa, Humas Pemerintah Kota Bekasi, serta H. Abdul Manan, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) kota Bekasi, Ketua MUI kota Bekasi melalui perwakilan yang juga hadir dan juga Prof. Benny Tunggul dari TWUP4

Serta dari aras dan Ormas yang ada di Jawa Barat seperti PGLII Jawa Barat,BAMAG LKKI,FORBAKTI,API dan HIPAKAD.

Rangkaian Konferda dimulai dengan pembukaan, sesi Diskusi dan lanjut dengan proses pemilihan dan penetapan Ketua DPD. Para pembicara dalam diskusi menyampaikan kesepahaman tentang bagaimana peran Jurnalis dalam pemberitaan. Bahwa Peran Jurnalis ditengah kehidupan berbangsa dan bernegara mengikuti ketemtuan UU Pers dan menjadi sumber informasi terpercaya bagi seluruh masyarakat.

Usai dskusi dilanjutkan dengan proses Pemilihan. Proses Pemilihan diawali demgan pembacaan SK penugasan pelaksana Konferda I Jawa Barat oleh SekretarisJenderal Pewarna Indonesia Ronald Onibala. Selanjutnya Sekjen menunjuk 3 peserta untuk memimpin persidangan.

Pimpinan Sidang adalah David Napitupulu memulai dengan membaca mekanisme pemilihan berdasarkan AD/ART Pewarna Indonesia. Kesepakatan proses pemilihan diputuskan oleh suara terbanyak dari anggota Konferda. Muncul 2 Calon ketua DPD yaitu Tommy Lantang dan Kefas Hervin Devananda. dan hasil vote terpilihlah Kefas dengan perolehan 31 suara dan Tommy Lantang 6 suara.

Baca Juga :  Brabus Indonesia (Alron Group) Sumbangkan 2 Unit Mobil Ambulance dan 1 Unit Mobil TRC

Usai sujud Syukur Kefas menyampaikan pidato kemenangan bahwa hasil konferda adalah kemenangan untuk seluruh anggota pewarna DPD Jawa Barat.

” Proses Demokrasi yang ada di Pewarna telah terlaksana dengan baik, dan Pewarna telah menghasilkan pemimpin yang akan melaksanakan amanat Konferda dan Instruksi DPP oleh karena itu jadikanlah DPD Jawa Barat Pewarna Indonesia sebagai Rumah kita bersama dalam Memperjuangankan kepentingan Masyarakat dalam Hal Pemberitaan sebagai Jurnalist, yang tetap mengedepankan Fakta dan Data yang akurat”, pekiknya.

Diakhir sambutannya Kefas berharap roda organisasi digerakan bersama sama agar seluruh anggota bisa merasakan hasilnya.

Panitia Konferda menyampaikan Banyak Terima Kasih kepada banyak Pihak atas dukungan materi dan Imateri bagi terselenggaranya Konferda I Jawa Barat Pewarna Indonesia. Kiranya kedepan DPD Jabar bisa menjadi mitra dalam pemberitaan dan kerjasama lainnya.(HS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here