Bupati Solok Resmikan Alih Fungsi Surau Pasie Menjadi Masjid Asy-Syuhada di Nagari Muaro Paneh

1

Nagari Muaro Paneh, Kabupaten Solok (padangexpo.com)

Bupati Solok H. Gusmal, SE, MM hadiri serta meresmikan alih fungsi Surau Pasie menjadi Masjid Asy-Syuhada, Jumat 20 November 2020 di Nagari Muaro Paneh, Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

Burhanudin selaku Ketua Panitia Pelaksana mengucapkan terimakasih kepada Bupati Solok yang telah menyempatkan diri untuk hadir dalam acara peresmian Surau Pasie menjadi Masjid Asy-Syuhada di Nagari Muaro Paneh.

Dengan sudah dialihfungsikan Surau Pasie menjadi Masjid Asy-Syuhada , maka untuk ke depan masyarakat di Nagari Muaro Paneh sudah dapat melaksanakan shalat jumat berjemaah di Masjid Asy-Syuhada, dan memaksimalkan kegiatan keagamaan di masjid, terangnya.

Dikatakan, dalam sejarahnya Surau Pasie ini mulai didirikan pada tahun 1941 namun seiring waktu berjalan akhirnya pada hari ini resmi diubah statusnya menjadi Masjid Asy-Syuhada.

Adapun hal ini merupakan hasil dari kesepakatan bersama tokoh masyarakat Nagari Muaro Paneh untuk menjadikan dan status Surau Pasie ini menjadi Masjid, sebab Surau yang sebelumnya bernama Surau Pasie ini dinilai telah layak untuk memenuhi syarat menjadi Masjid, ujarnya.

Feri Efendi selaku Wali Nagari Muaro Paneh juga mengucapkan terimakasih kepada Bupati Solok yang telah sempat menghadiri dalam acara peresmian Masjid Asy-Syuhada ini, ujarnya.

Feri mengatakan, ini merupakan masjid yang ke 10 yang ada di Nagari Muaro Paneh. Ia berharap masyarakat yang ada di Nagari Muaro Paneh dapat meningkatkan ketaqwaan ibadahnya di Masjid Asy-Syuhada ini.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Solok H.Gusmal,SE.,MM mengucapkan terimakasih atas sambutannya, dan sangat mengapresiasi pada masyarakat dan perangkat Nagari karena telah berupaya untuk merubah status Surau menjadi Masjid. Sebab, semakin banyaknya Masjid di Nagari maka akan semakin banyak juga orang yang akan melaksanakan ibadah Sholat berjemaah sehingga Masjid ini dapat meningkatkan syiar agama islam.

Baca Juga :  Usai Rawat Pasien Positif CoVID-19, RSUD Arosuka Kabupaten Solok Sementara Ditutup

Dalam hal ini Bupati mengingatkan, dimana saat ini zaman teknologi semakin maju dan berkembang sangat pesat, maka diharapkan juga kepada masyarakat Muaro Paneh agar tetap melaksanakan ibadah dan jangan pernah meninggalkannya, ujarnya.

Bupati juga berpesan, agar masyarakat menghidupkan kembali kegiatan subuh berjemaah serta pengajian rutin pada setiap sholat maghrib. Selain untuk beribadah, fungsi masjid juga untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

Untuk di Kabupaten Solok, Masjid Asy-Syuhada ini merupakan Masjid yang ke 329, berharap kepada perangkat Nagari dan tokoh masyarakat Muaro Paneh agar terus dapat meningkatkan perhatiannya baik kepada lingkungan khususnya kepada masjid, ujar Bupati.

Turut hadir dalam kegiatan peresmian tersebut Kakan Kemenag diwakili, Camat Bukit Sundi, Wali Nagari Muaro Paneh Feri Efendi, dan Tokoh masyarakat Nagari Muaro Paneh. (d79)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here