Peringati HKN ke 56, Dalduk KB PP & PA Agam Gelar Baksos MKJP Khusus MOW

126

Agam (padangexpo.com)

Dalam rangka peringatan hari Vasektomi dan Tubektomi serta Hari Kesehatan Nasional ke 56 tahun 2020, Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dalduk KB PP & PA) Kabupaten Agam melaksanakan Bakti Sosial (Baksos) pelayanan KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) khususnya Metode Operasi Wanita (MOW).

Menurut Sekretaris Dinas Dalduk KB PP & PA Agam, dr. Hendri Rusdian, M.Kes, kegiatan baksos pelayanan MKJP ini bekerjasama dengan RSIA Rizki Bunda Lubuk Basung berlangsung hari Rabu, 18/11/2020 bertempat di RSIA Rizki Bunda.

Alat Kontrasepsi jangka panjang (MKJP) adalah alat kontrasepsi yang digunakan untuk menunda, menjarangkan kehamilan, serta menghentikan kesuburan yang digunakan dengan jangka panjang, yang meliputi IUD (Intra Uterine Device), Implant (susuk KB) dan kontap (Kontrasepsi mantap) MOW & MOP.

Hendri menjelaskan bahwa tujuan baksos pelayanan KB MKJP ini adalah untuk meningkatkan cakupan dan jangkauan pelayanan KB MKJP di Kabupaten Agam serta untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya untuk ber KB dan untuk menjaga kesehatan reproduksi.

Dalam pelaksanaan Baksos pelayanan KB pada masa Adaptasi Kebiasan Baru ini, RSIA Rizki Bunda memberlakukan aturan protokol kesehatan yang sangat ketat, dimana akseptor yang dilayani harus bebas dari Covid-19, sebelum pelayanan dilakukan kepada akseptor terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan Rapid Test, cuci tangan pakai sabun dan pemeriksaan suhu tubuh, dan hanya akseptor yang non reaktif Covid-19 yang dilayani, jelas “Hendri.

Kegiatan baksos ini dihadiri langsung dari Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Barat dr. Winda beserta tim, sementara pelayanan diberikan oleh tim dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan RSIA Rizki Bunda.

Pelayanan KB MKJP MOW Gratis yang berlangsung satu hari ini dimanfaatkan masyarakat dengan baik, dimana berhasil mendapatkan sebanyak 17 akseptor MOW yang berasal dari Wilayah Agam Barat. “(99 HR).

BACA JUGA :  Remaja Asal Agam Dikabarkan Hilang, Hingga Hari Ini Belum Ditemukan