Plat RI 1 Palsu Terobos Masuk Mabes Polri, Diamankan Ditlantas

1

Jakarta (padangexpo.com)

Sebuah kendaraan roda empat jenis sport dengan menggunakan plat RI 1 berhasil diamankan saat akan menerobos masuk ke wilayah Mabes Polri.

Kepala Satuan Patroli Pengawal Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya (Kasat Patwal Ditlantas PMJ), Kompol Argo Wiyono mengatakan saat pemilik kendaraan mencoba memaksa masuk ke Mabes Polri guna menyampaikan aspirasinya.

“Pengemudi mengatasnamakan ormas Kumpulan Penghimpun Organ Rakyat Indonesia (KPORI) yang menyatakan atas ketidakpuasan kinerja pemerintah dan Presiden RI saat ini,” kata Kompol Argo, di Polda Metro Jaya , Rabu tadi (25/11/2020).

Argo menambahkan, kendaraan yang dipakai saat akan memasuki Mabes Polri yaitu Mitsubishi Pajero dengan warna putih tahun pembuatan 2009.

Saat dilakukan pendalaman, kata Argo, ternyata mobil Pajero ini menggunakan plat palsu. “Platnya dibuat sendiri, platnya palsu,” ujarnya.

Ternyata, pemilik dengan inisial M adalah seorang karyawan swasta yang beralamat di Tanah Sereal – Bogor.

Menurut data Ditlantas, Argo mengatakan mobil Pajero tersebut terdata dengan plat DD 557 PT. “Plat Makassar ya,” kaya Argo.

Saat ini kendaraan tersebut sudah diserahkan ke Patwal dan selanjutnya akan diserahkan ke Subdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya.”Empat penumpang yang ada didalam kendaraan sedang dalam pemeriksaan di Subdit Gakkum,” kata Argo Wiyono.

Atas tindakan pengendera yang semena-mena menggunakan identitas palsu dapat dikenai ancaman pasal 280 jo pasal 68 ayat (1) Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (perihal penggunaan TNKB yang tidak sah/sesuai peruntukannya) dengan ancaman berupa denda sebesar Rp 500.000. [HA]

Baca Juga :  Kapolda Banten Hadiri Peresmian Dermaga IV Pelabuhan Merak dan Bakauheni

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here