Bupati Solok Ikuti Rakor Evaluasi Pasca Pilkada Secara Virtual Bersama Menkopolhukam Beserta Forkopimda dan Penyelenggara Pilkada

0

Arosuka (padangexpo.com)

Bupati Solok H.Gusmal,SE.,MM bersama Dandim 0309 diwakili, Ketua KPU, Kasat Pol PP diwakili, Kesbangpol, serta Kabag Humas Syofiar Syam, S.Sos. M.Si mengikuti Rapat Koordinasi Evaluasi pasca Pilkada Tahun 2020 Secara Virtual dan bertatap muka dengan Menko Polhukam dan Pemerintah Daerah beserta Forkopimda juga penyelenggara Pilkada, di Guest House Arosuka, Kabupaten Solok, Senin 14 Desember 2020.

Ketua KPU RI Arief Budiman menyampaikan bahwa telah terjadi kenaikan partisipasi pemilih di beberapa daerah Kabupaten dan Kota, juga penggunaan aplikasi Sirekap dalam Website KPU dan aplikasi dalam android. Selain itu juga data pelaksanaan Pilkada ulang dan penyelenggara Pemilu yang mengalami kecelakaan kerja, terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Bawaslu RI Abhan juga memberikan apresiasi kepada jajaran Adhoc Bawaslu yang merupakan tulang punggung pelaksanaan Pilkada serentak 2020 yang telah melakukan tugasnya dengan baik meskipun saat ini masih dalam kondisi Pandemi CoVID-19.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dalam keterangannya menjelaskan secara umum bahwa pelaksanaan Pilkada 9 Desember 2020 berjalan dengan baik, lancar dan aman dan tidak ada gangguan konvensional yang siginfikan.

Selain itu, terjadi peningkatan partipasi di tingkat pemilih, yang mana sebelumnya ditarget 75,9% akan tetapi mencapai 81%. Sedangkan untuk pelaksanaan protokol kesehatan yang belum maksimal adalah saat pendaftaran pemilih yang masih berkerumun, terangnya.

Mahfud MD selaku Menkopolhukam dalam hal ini mengucapkan terimakasih kepada seluruh Kepala Daerah yang telah membantu dalam mensukseskan pelaksanaan Pilkada di daerah masing-masing, baik ditingkat Kabupaten, Kota maupun Provinsi, ujarnya.

Berdasarkan data sistem pengawasan Pemilu dari Bawaslu RI, menyatakan bahwa penggunaan hak pilih pada pemilihan Gubernur, Wakil Gubernur sebanyak 82% dan untuk pemilihan Bupati, Wakil Bupati serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota sebanyak 83%, ujar Menkopolhukam.

Baca Juga :  Bupati Solok H.Gusmal,SE.,MM Lantik 55 Wali Nagari Terpilih se Kabupaten Solok

Sedangkan untuk pelaksanaan Pilkada tahun ini terlaksana dengan baik dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pada tiap-tiap TPS, dan segala masalah maupun hambatan selama pelaksanaan Pilkada berlangsung juga telah kita terima dan diselesaikan sesuai dengan aturan yang ada, ujarnya. (d79)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here