Bupati Solok Resmikan Alih Fungsi Mushala Al-Hidayah Menjadi Masjid Al-Hidayah di Nagari Gantung Ciri

350

Solok (padangexpo.com)

Bupati Solok H.Gusmal,SE.,MM hadiri dan sekaligus meresmikan Alih Fungsi Mushala Al-Hidayah Menjadi Masjid Al-Hidayah, Jorong Pinang Sinawa, Nagari Gantung Ciri, Kabupaten Solok, Jum’at 25 Desember 2020.

Hadir dalam peresmian tersebut, Bupati Solok H. Gusmal, SE.,MM, Anggota DPRD Prov. Sumbar  Dr. H. Hardinalis Kobal, SE.,MM,  Anggota DPRD Kab. Solok Dendi S. Ag, Kakan Kemenag Kab. Solok H. Alizar M. Ag, Wali Nagari Gantung Ciri, Drs. Hendri Yuda, Forkopimcam Kubung, Perangkat Nagari Gantung Ciri

Dalam sambutannya, Bupati Solok sangat mengapresiasi kepada Bapak H.Sawal beserta masyarakat Jorong Pinang Sinawa karena telah ikhlas dan sukarela membantu mengubah fungsi Mushala menjadi Masjid Al-Hidayah ini.

Bupati mengatakan,” bahwa dari sekian banyak Masjid yang diresmikan, Masjid ini termasuk Masjid yang paling indah dan megah di Kabupaten Solok,” ujarnya.

Dalam hal ini Bupati berpesan, jangan sampai Masjid ini digunakan hanya untuk tempat ibadah saja, tetapi dipergunakan juga untuk musyawarah, kegiatan pendidikan dan ekonomi masyarakat, dan selalu menjaga ukhuwah islamiyah, terangnya.

Mengajak seluruh masyarakat Gantung Ciri untuk menjalankan kegiatan subuh berjamaah dan magrib mengaji karena ini juga merupakan bagian dari program pemerintah daerah kabupaten solok

“Berharap kepada masyarakat Jorong Pinang Sinawa ini untuk selalu menjaga dan meramaikan Masjid Al-Hidayah ini,” ujar Bupati.

Ketua Panitia Pelaksana Drs. Hendri Yuda menerangkan, bahwa Masjid ini dibangun pada awal tahun 80-an yang diberi nama Mushala Al-Hidayah, kemudian pada 2017 diambil alih pembangunanya oleh Bapak H. Sawal sehingga mushala ini direnovasi dan dialihkan fungsinya menjadi Masjid, ujarnya.

Menurut kami ini merupakan Masjid terbaik dan terindah dari segi bangunan fisiknya di Nagari Gantung Ciri, sedangkan untuk Pengelolaan Masjid sudah diserahkan penuh kepada masyarakat Jorong Pinang Sinawa Nagari Gantung Ciri.

BACA JUGA :  Kapolda Sumbar Lakukan Penanaman Perdana Bibit Nilam di Nagari Supayang

Ia mengatakan bahwa ini merupakan Masjid ke 5 di Nagari Gantung Ciri

“Terima kasih kepada masyarakat Nagari Gantung Ciri karena telah membantu dalam proses pembangunan Masjid al-hidayah ini,” ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, H. Alizar M. Ag selaku Kakan Kemenag Kab. Solok mengucapkan “ Selamat kepada masyarakat Jorong Pinang Sinawa Nagari Gantung Ciri karena sekarang sudah memiliki Masjid yang sangat indah dan megah,” ujarnya.

H. Alizar mengatakan ini merupakan Masjid yang ke 330 di Kabupaten Solok. Kemegahan dari Masjid ini merupakan kemegahan bagi masyarakat Gantung Ciri

Dengan telah beralihnya fungsi mushala menjadi Masjid maka harus ada fungsi Masjid yang wajib dijalankan oleh masyarakat Gantung Ciri seperti penyelenggaraan azan 5 waktu, shalat jumat dan salat berjamaah, penyelenggaraan jenazah dan zakat, kegiatan sosial dan kegiatan pendidikan, terangnya.

Usai peresmian Masjid al-hidayah kegiatan dilanjutkan dengan makan bersama. (d79)