Calon Ketua DPRD Kota Solok Dari Partai Golkar Mulai Mengapung

289

Kota Solok (padangexpo.com)

Partai Golkar merupakan partai pemenang pemilihan legislatif di kota Solok 3 kursi dari jumlah 20 kursi di kota Solok. Sebelumnya Ketua DPRD dipegang oleh Yutris Can yang juga Ketua DPD Partai Golkar tak dipungkiri.

Siapa yang akan dipercaya memegang tampuk Ketua DPRD Kota Solok sejak ditinggal Yutris Can saat ini masih belum ada tanda tanda, waktu berjalan bahkan tahun 2020 tinggal beberapa hari lagi. Tidak bisa dipungkiri untuk memimpin Dewan terhormat Kota Solok tetap dari Partai Golkar sebagai peraih kursi terbanyak yaitu 3 kursi.

Sekaitan dengan Pemilihan Kepala Daerah (Walikota) Solok dan ikut turun menjadi Calon Wali Kota Solok secara otomatis sesuai Undang Undang Pilkada sebelum mencalonkan diri harus mundur sebagai Ketua DPRD dan anggota juga Ramadhani Kirana Putra yang juga anggota DPRD dari Partai Golkar yang mencalonkan diri mendampingi Zul Elfian untuk menjadi Wakil Wali Kota Solok.

Dengan majunya kedua anggota DPRD itu kedua nya mundur dari anggota DPRD kemudian di PAW (Pengganti Antar Waktu) kan kepada Hj. Nurnisma dan Andi Maryanto S.T keduanya telah dilkantik.

Sementara untuk Ketua DPRD yang kosong di Plt kan kepada Bayu Karisma, namun seiring dengan berjalannya waktu penetapan Ketua DPRD tentu sudah harus dilakukan dan melihat dari tiga figur anggota yang ada pertama NASRIL IN DT MALINTANG SUTAN.SH yang merupakan anggota yang berhasil mempertahankan suaranya di daerah pemilihannya selama tiga periode selama menjadi anggota DPRD sepuluh tahun menjadi Ketua Fraksi dan dua kali menjadi Ketua Komisi .

Sementara di DPD Partai Golkar pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang Hukum dan HAM dan juga pernah sebagai Wakil Ketua Bidang pemenangan pemilu wilayah satu dan sekarang menjadi Wakil Ketua Bidang Organiasi (Wakil Ketua II). Semua itu berkat kerja keras menggalang kader di daerah pemilihannya.

BACA JUGA :  Kota Solok Kembali Berpeluang Masuk Penilaian PHBS Tingkat Nasional 2020

Sedangkan Hj. Nurnisma juga anggota DPRD sudah tiga periode pertama pengantin antar waktu anggota DPRD dari Partai Hanura kedua maju dengan Partai Golkar.

Untuk yang ketiga kalah suara dengan YUTRIS CAN dan tapi nasib baik kemudian penganti antar waktu (PAW) melanjutkan periode 2019-2024.

Kepengurusan di Partai Golkar Kota Solok Hj. Nurnisma menjabat sebagai Bendahara, sedangkan Andi Maryanto S.T anggota DPRD 2019-2024 merupakan PAW pengganti Ramadhani Kirana Putra jabatan di Partai Golkar Wakil Ketua Bidang Koperasi dan UMKM yang merupakan baru pertama duduk sebagai anggota Legislatif.

Melihat pengalaman memang yang senior, dan yang lebih berpengalaman dan sangat layak terletak dipundak Nasril In Dt Malintang Sutan , tapi juga kiprah Nurnisma di DPRD juga cukup berpengaruh, sementara Andi Marianto memang baru langkah pertama di DPRD.

Ketiganya mempunyai peluang untuk menjadi Ketua DPRD Kota Solok, hanya saja keberuntungan menjadi salah satu faktor yang menentukan sebab peluang Kader terbaik Golkar ini mempunyai peluang yang sama untuk memimpin DPRD Kota Solok.

Ketua DPD Golkar Kota Solok Yutris Can mengatakan kepada media ini pada satu kesempatan mengatakan untuk kader Golkar yang duduk DPRD mempunyai peluang yang sama untuk menjadi Ketua DPRD, sebab dia merupakan kader terbaik dari Partai Golkar.

Siapa yang akan dipercaya memimpin Dewan sampai tahun 2024 kebetulan Golkar memiliki kursi terbanyak, Jadi tugas DPD Golkar Kota Solok mengirim nama, yang menentukan ya DPP Golkar,” ujar Yutris Can lagi.(Ysp)