Dra. Alida Handau Lampe Guyer, MSi : Refleksi di Tahun 2020

198

Bandung (padangexpo.com)

Saudara-saudara DPP PARKINDO 45, kader Kristiani, umat Kristiani dan seluruh masyarakat Indonesia yang saya cintai dalam Tuhan Yesus Kristus.

Beberapa hari lagi kita berada di penghujung tahun 2020. Kita tahu bahwa perjalanan bangsa Indonesia pada tahun 2020 tidak mudah. Akibat pandemi virus covid-19, bukan saja merenggut ribuan nyawa anak manusia, lebih jauh lagi berimbas ke bidang ekonomi dan sosial politik.

Ekonomi terpuruk ke jurang resesi, pengangguran merebak, kemiskinan meningkat, daya beli masyarakat menurun. Pengeluaran out put ekonomi negara secara keseluruhan menurun.

Realisasi defisit APBN hingga oktober 2020 mencapai rp 764,9 trilyun atau mencapai 4,67% dari PDB. Dipenghujung tahun 2020 Pemerintah memprediksi defisit meningkat menjadi Rp1039 trilyun atau 6,3% dari PDB.

Untuk menutup defisit Pemerintah menerbitkan utang baru. Artinya pemerintah berutang untuk bayar utang.

Kondisi sosial politik juga tidak lebih baik, ditandai dengan berbagai kekerasan, kebencian dan curiga yang memecah belah persatuan bangsa.

Kekerasan bisa terjadi karena berbagai alasan, kemarahan yg lepas kendali, kekerasan atas nama agama, dendam kesumat, kebencian yang mendalam dan konflik kepentingan.

Kekerasan atas nama agama adalah hal yg paling mengkuatirkan, kekejaman dan kebencian mendalam yang bernafaskan intoleransi, menandakan bahwa dalam masyarakat ada yang SAKIT dan memerlukan penyembuhan.

Parkindo45 tidak boleh berpangku tangan, harus berani mengambil peran berdiri di depan menyembuhkan kondisi yang SAKIT, dengan membangun kesadaran bertoleransi, bahwa Allah menuntut abdi-abdinya agar hidup beradab dalam persaudaraan.

Keagamaan yang sejati adalah rendah hati, KASIH, tidak menghakimi dan menyerahkan penilaian terakhir pada sang PENCIPTA.

Saudara, sekalian yang saya cintai dan saya muliakan. Konon katanya kita hidup di Era Post-Truth, dimana kebenaran dianggap bukanlah prinsip yang utama dan mendasar.

BACA JUGA :  25 Ormas Melakukan Deklarasi Cinta Damai Menolak Anarkisme di Polda Banten

Pesatnya perkembangan media sosial menambah runyamnya keadaan. Hoaks merajalela. Masyarakat dibuai berita bohong yang dikemas sedemikian rupa, menyentuh rasa tapi memplesetkan fakta.

Akibatnya, etika, moral, dan kebenaran hakiki semakin ditinggalkan. Kondisi bangsa membusuk. Perlu ketegasan dan keberanian untuk menghentikan kondisi tersebut.

PARKINDO 45 harus mampu menjadi pelopor, memperlihatkan kematangan sikap, memegang teguh prinsip moral, etika dan kebenaran. Paling tidak jangan membuat dunia ini menjadi lebih buruk lagi dengan ikut-ikutan memproduksi bullshit.

Saudara-saudara yang saya cintai dalam Tuhan kita Yesus Kristus. Mendekati tutup tahun 2020 Presiden melakukan reshuffle kabinet.

Enam (6) orang menteri menduduki pos baru. Yang cukup menyedot perhatian adalah masuknya Sandiaga Uno sebagai menteri pariwisata dan ekonomi kreatif.

Lengkap sudah calon Presiden dan Wakil Presiden kompetitor PILPRES 2019 masuk kedalam pemerintahan.

Saya hanya ingin kita tidak lupa bahwa PILPRES tahun 2019 adalah yang terburuk sepanjang sejarah kita berbangsa dan bernegara.

Tujuh ratusan petugas kpps meninggal dunia, demo-demo berdarah dan keanehan pengumuman pemenang pilpres dilakukan dinihari, ketika rakyat Indonedia sedang tidur lelap.

Harapan kita ketika kompromi rasional dan konsesus provisional terjadi, pemerintahan terbentuk, para pemimpin yang duduk dikursi MAHAL tersebut betul-betul menjalankan tugas dan kewajibannya dengan AMANAH.

Selalu mengingat pengorbanan dan penderitaan rakyat kecil akibat aksi dan reaksi para elite politik tersebut.

Ditangkapnya dua orang menteri Presiden Jokowi oleh KPK harus menjadi peringatan KERAS bagi para pemimpin bahwa berbagai kekerasan intervensi kekuasaan dan regulasi birokrasi untuk menundukan pasar, berupa korupsi, kolusi dan nepotisme menghasilkan distorsi pasar yg mengakibatkan seluruh kinerja lembaga ekonomi terganggu.

Siapa yang mengkorupsi pasar akan dikorupsi oleh pasar (George Orwell). Frase tersebut terbukti kebenarannya. Rupiah terganggu, investasi gagal dan pemimpin berakhir di penjara.

BACA JUGA :  Dewan Pers : Media Tetap Mempunyai Hak Untuk Memberitakan FPI

Semoga di tahun 2021 yang segera menjelang kondisi negara kita lebih baik lagi dan yang terutama diberkati.

Harapan kita semakin besar ketika mengamati kabinet hasil reshuffles cukup baik dan menjanjikan, semoga Presiden dan menteri-menterinya diberi hikmah kebijaksanaan oleh Tuhan Allah dalam menakhodai bangsa dan negara Indonesia kedepannya.

Akhir kata saya mengucapkan selamat tahun baru 1 januari 2021. Be blessed and Stay Blessed. Puji Tuhan ditempat yang maha Tinggi. Amin.

Penulis: Dra. Alida Handau Lampe Guyer, MSi, Ketua Umum Partai Kristen Indonesia 1945 (PARKINDO 45). (HM)