Kementerian LHK Berikan Penghargaan “Nirwasita Tantra 2019” Pada Wali Kota dan Pimpinan DPRD Kota Bukittinggi

76

Bukittinggi (padangexpo.com)

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia menganugerahi penghargaan Green Leadership “Nirwasita Tantra 2019” kepada Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias untuk tingkat kota dengan kategori kota kecil dan Pimpinan DPRD Kota Bukittinggi kategori DPRD Tingkat II kategori Kota Kecil

Kabid.Pengendalian, Pencemaran, Kerusakan Lingkungan Hidup, Dinas Lingkungan Hidup Kota Bukittinggi Admira menjelaskan, kepastian penerimaan penghargaan tersebut ditandai dengan surat Sekretaris Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Dr.Ir.Bambang Hendroyono, MM tertanggal 17 Desember 2020 dengan nomor surat S.1618/SETJEN/DATIN/DTN.0/12/2020 perihal Acara Penganugerahan Penghargaan Green Leadership “Nirwasita Tantra”.

Nirwasita Tantra merupakan penghargaan dari Pemerintah yang diberikan kepada Kepala Daerah atas kepemimpinannya dalam merumuskan dan menerapkan kebijakan atau program kerja untuk memperbaiki kualitas lingkungan hidup dengan bertumpu pada prinsip pembangunan berkelanjutan.

“Sesuai undangan yang diterima, acara penganugerahan Green Leadership Nirwasita Tantra 2019 akan dilaksanakan pada hari Senin 21 Desember 2020 pukul 08.00 – 12.00 Wib secara faktual dan virtual di Aboretum Ir.Lukito Daryadi, M.Sc Gedung Manggala Wanabhakti Jakarta.

Untuk optimalisasi protocol Covid-19 yang diundang secara langsung untuk menerima penghargaan adalah untuk tingkat provinsi sedangkan kategori kabupaten dan kota serta DPRD Tingkat II disampaikan dalam platform virtual,”jelas Admira, Jumat (18/12).

Admira mengatakan, terpilihnya Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias sebagai penerima penghargaan Nirwasita Tantra tahun 2019, setelah melalui penilaian yang sangat ketat oleh Tim terhadap Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (DIKPLHD) Kota Bukittinggi dan validasi serta akurasi data yang dilakukan terhadap Kota yang masuk sebagai nominator se Indonesia,”kata Admira.

Sementara itu, Wali Kota Bukittinggi HM.Ramlan Nurmatias, SH bersyukur atas diterimanya penghargaan Nirwasita Tantra 2019, karena hal tersebut suatu kebanggan dan tentunya berkat kerja keras semua pihak.

BACA JUGA :  DPRD dan Pemko Setujui Perubahan KUA-PPAS Kota Bukittinggi Tahun 2020

“Alhamdulillah, Bukittinggi kembali menerima penghargaan tingkat Nasional, ini adalah suatu kebanggaan karena tidak mudah untuk mendapatkan penghargaan Nirwasita Tantra ini. Penghargaan ini, tentunya tidak lepas dari dukungan masyarakat, kerja keras serta peran semua pihak, baik pemerintah kota maupun seluruh masyarakat akan kesadaran lingkungan untuk tetap mendukung konsep pembangunan berkelanjutan di Kota Bukittinggi,”ujar Wako Ramlan.

Tiga kota kecil di Indonesia peraih prestasi Nirwasita Tantra 2019, itu semuanya berada di Sumatera Barat, yaitu Kota Bukittinggi, Kota Padang Panjang dan Kota Payakumbuh. (fadhil/rahmi)