Cegah Tatap Muka Dilapangan, Polresta Sidoarjo Akan Terapkan ETLE

61

Sidoarjo (padangexpo.com)

Rencana penerapan Eletronic Traffic Laws Enforcement (ETLE) terus dimatangkan. Sejumlah tahapan terus dilakukan. Salah satunya pemasangan kamera. Lokasinya tersebar di sejumlah titik jalan protokol di Sidoarjo. Sehingga penerapan tilang online nantinya dapat berjalan lancar.

Hal itu menyusul rencana Kepolisian RI yang mencanangkan kembali program tilang melalui elektronik.

Kompol Wikha Ardilestanto selaku Kasatlantas Polresta Sidoarjo mengatakan, sangat memungkinkan program tilang elektronik diterapkan di Kabupaten Sidoarjo. Mengingat, tilang elektronik mencegah adanya tatap muka antara petugas di lapangan dengan masyarakat.

Ia mengatakan,”Memang, tujuan direalisasikannya tilang elektronik agar tidak ada tatap muka antara petugas dengan pelanggar yang ditilang,” ujarnya, Selasa, 26 Januari 2021.

Meski demikian, realisasi tersebut menunggu instruksi lanjutan pasca dilantiknya Kapolri Baru Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo. Sedikitnya, ada 16 program prioritas dan delapan komitmen Kapolri baru.

“Otomatis setelah dilantik, beliau (Kapolri) akan menjabarkan itu dalam suatu program kerja di tingkat Mabes, Polda, maupun Polres. Nah, itu yang kita sama-sama tunggu,” jelasnya.

Terkait masalah kesiapan Polres dalam menerapkan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE), menurutnya ada infrastruktur yang harus dipenuhi. Salah satunya berupa CCTV.

“Jika berbicara infrastruktur, yang paling siap memang Polda Metro Jaya. Selain karena perkotaan, di sana juga sudah terpasang berapa ratus atau hingga ribuan CCTV yang sudah terpasang. Nah, bagaimana dengan kabupaten/kota yang lain apakah sudah siap,” katanya.

Meskipun demikian, dalam waktu dekat pihaknya akan mengadakan pertemuan dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Sidoarjo terkait kesiapan CCTV yang sudah terpasang di Sidoarjo. (alf)

Baca Juga :  Janggal ? Yaman Laporkan Dugaan Penipuan, Polsek Bubutan Malah Keluarkan Surat Kehilangan