Intensitas Hujan Tinggi, 8.045 Jiwa Terdampak Banjir di Kota Solok

197

Solok (padangexpo.com)

Akibat hujan berkepanjangan sejak Senin 11 Januari 2021, berakibat meluapnya air sungai Batang Lembang dan sungai kecil lainnya.

Menurut keterangan dari Ikhlas selaku Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Solok ada 11 kelurahan dengan 8.045 warga yang terdampak banjir tersebut.

Ia mengatakan,“Dari 11 kelurahan yang kena banjir, 5 kelurahan yang terparah direndam air, yaitu, kelurahan KTK, Aro IV Korong, IX Korong, dan Koto Panjang, serta kelurahan Sinapa Piliang,” Ujarnya, Selasa (12/1/2021).

Sementara itu, lanjut Ikhlas, 6 kelurahan yang tidak begitu parah, kelurahan Tanjung Paku, Laiang, Kampung Jawa, Pasar Pandan Airmati (PPA), Nanbalimo, dan Kelurahan Tanah Garam.

“Keluarga yang kena banjir di 11 kelurahan itu berjumlah 1.730 KK, dan 8.045 jiwa yang terkena banjir,” katanya.

Ikhlas mengatakan, saat ini pihaknya mengevakuasi warga yang kena banjir.

Selain itu BPBD telah membagikan bantuan berupa makanan sebanyak 3.000 bungkus nasi, sedangkan Dinas Sosial mendirikan dapur umum di halaman Balaikota.

“Ada juga bantuan dari BPBD Kota Pariaman berupa selimut beras dan lainnya,” katanya.

Ikhlas mengimbau bagi warga yang terdampak banjir maupun yang tidak terdampak agar selalu mewaspadai dan siaga satu akibat cuaca  ekstrim dengan curah hujan yang tinggi.(d79/mjn)

BACA JUGA :  Pemerintah Kota Solok Optimalkan Penerapan Protokol Kesehatan di Bidang Perkantoran dan Keagamaan