Intensitas Hujan Tinggi, Jalur Lubuk Basung – Maninjau Tertutup Total Akibat Longsor

20

Agam (padangexpo.com)

Akibat Hujan lebat yang turun menguyur sebagian kawasan wilayah Kabupaten Agam, sejak tadi siang hingga sore ini telah mengakibatkan terjadinya tanah longsor di jalan Provinsi yang menghubungkan Lubuk Basung  dengan Maninjau tepatnya di Ngungun Jorong Lubuak Sao Kec Tanjung Raya  Jum’at 8/1/2021 sekitar pukul 15.45 Wib.

Akibat longsor, jalur Lubuk Basung – Maninjau tertutup total untuk sementara karena akses jalan tertutup oleh matreial longsor setinggi lebih kurang 2 Meter.

Menurut Sekretaris BPBD Agam Hardoni yang berhasil dikonfirmasi  menyebutkan bahwa tanah longsor di Ngungun Jorong Lubuk Sao Kecamatan Tanjung Raya, terjadi akibat hujan yang turun secara tiba-tiba sejak siang sampai sore ini yang mengakibatkan material longsor yang mengandung tanah dan kayu setinggi lebih 2 meter menutupi jalur sepanjang 20 meter, sehingga jalur Lubuk Basung – Maninjau tertutup total.

Saat ini telah terjadi antrian panjang kendaraan dari kedua jurusan, sambil nenunggu alat berat yang sedang bekerja menyikirkan material longsor yang menimbun jalan, mudah-mudahan bisa cepat selesai sehingga jalur lalulintas bisa normal kembali, ” ungkap Hardoni.

Satu unit kedai milik M.Yani (52) suku Koto, pekerjaan tani tertimbun sebahagian tanah longsor dengan kondisi rusak ringan, disamping itu longsor juga mengenai 2 unit sepeda motor dan satu unit mobil Avanza pemilik kedai.

Menurut Hardoni saat ini Tim gabungan dibawah koordinator BPBD, TNI-Polri, PMI, Satpol PP dan Damkar serta unsur kecamatan dan nagari tengah berada dilokasi membersihkan material longsor sekaligus melakukan evakuasi terhadap kedai warga yang terdampak material longsor. (99 HR)

Baca Juga :  Pasien Positif CoVID-19 Dirawat di RSAM Kondisinya Makin Membaik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here