KPU Tetapkan H. Khairunnas – H. Yulian Efi sebagai Bupati dan Wabup Solsel Terpilih

109

Padang Aro (padangexpo)

Komisi Pemilihan Umum (KPU)  Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, menetapkan pasangan calon bupati dan wakil bupati H. Khairunnas dan H. Yulian Efi terpilih hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020. Penetapan dilakukan melalui sidang Pleno terbuka KPU, di Aula Sarantau Sasurambi Kantor Bupati Solsel, Minggu (24/01/2021).

Dalam hal ini Plt. Bupati Solsel di wakili oleh asisten 1 Fidel Effendi dalam sambutannya mengatakan suksesnya pilkada ini tidak terlepas dari sikap memahami, saling mengerti, dan menerima dari ketiga pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati,semoga sikap ini bisa dijadikan contoh untuk kedepannya.

Ia mengatakan,”Saya ucapkan terima kasih, dan semoga rapat pleno ini dapat berjalan baik dan lancar. Selamat pada paslon yang terpilih, semoga dengan tanggung jawab yang besar dapat menjadikan Kabupaten Solok Selatan lebih baik lagi, semoga paslon terpilih dapat melanjutkan dan meningkatkan pembangunan solsel. Mari kita sama-sama mendukung, suksesnya peran serta dalam penetapan pemilihan bupati dan wakil bupati,” katanya.

Ketua DPRD Zigo Rolanda juga turut memberikan Apresiasi nya para acara Rapat Pleno tersebut, semoga Bupati terpilih bisa Amanah.

“Alhamdulillah pada hari ini, selaku tim pemenangan mengucapkan ribuan terima kasih kepada masyarakat Solok Selatan serta parlemen yang ikut mensukseskan sehingga pada hari ini telah di tetapkan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati H. Khairunnas dan H. Yulian Efi sebagai Bupati terpilih untuk periode mendatang, kami memberikan Apresiasi kepada semua elemen karna pilkada dapat berjalan dengan lancar, sehingga Solsel mendapatkan Partisipasi tertinggi di sumbar, dan juga dari kerja sama kita semua, dan Proses Demokrasi di Solsel telah Dewasa dan partisipasi ini perlu kita jaga”

BACA JUGA :  Pemkab Solsel Bersama Pemprov Sumbar, Tinjau Kelanjutan Peningkatan Ruas Jalan Solsel - Dharmasraya

Terkait Visi dan Misi selaku tim sukses Bupati  dan Wakil Bupati kedepan  berkewajiban untuk menunaikan dan menepati janji-janji Pilkada dan janji-janji Kampanye yang tertulis di dalam buku yang diserahkan kepada KPU.

“Saya ucapkan terima kasih Kepada KPU, Kapolri, TNI, dan terima kasih juga kepada masyarakat Solok Selatan Pasangan Calon (Paslon) Nomor urut 2 dan 3, sehingga pilkada dapat berjalan dengan baik, untuk program 100 hari kedepan tentu kami pada hari pertama akan mempersiapkan dan melaksanakan kepada jajaran pemerintah Kabupaten Solsel, serta akan mempersiapkan visi dan misi kedepannya melalui Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) solsel, insyallah amanah dan apa yang kami sampaikan waktu sosialisasi dan kampanye, akan kami tunaikan janji-janji tersebut,” Kata Pasangan calon Bupati nomor urut 01. H. Khairunnas dan H. Yulian Efi, ketika wawancara dengan wartawan.

Ketua KPU Solok Selatan Nila Puspita, dalam rapat pleno terbuka yang juga dihadiri oleh paslon terpilih tersebut mengatakan, penetapan dilakukan berdasarkan berita acara dan sertifikat rekapitulasi hasil perolehan suara dan hasil pemilihan bupati dan wakil bupati Solok Selatan Tahun 2020.

Hasil tersebut kemudian ditetapkan dan diumumkan melalui Surat Keputusan KPU Solok Selatan Nomor 8/PL.02.7/kpt/1311/KPU-KAB/I/2021 tentang Penetapan Hasil Rekapitulasi Penghitungan Suara dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Solok Selatan Tahun 2020.

Kemudian dilanjutkan dengan surat  Penetapan dari Buku  Registrasi Perkara Konstitusi  (BRPK) dari Mahkama Konstitusi KPU yang dikeluarkan pada tanggal 20 Januari 2021 menetapkan paslon Bupati dan Wakil Bupati H. Khairunnas dan H. Yulian Efi sebagai Bupati terpilih dengan perolehan suara sebanyak 35, 420 atau 81,6%.

“Penetapan ini bisa kami lakukan Ketika tidak adanya gugatan dari para paslon nomor urut 2 dan 3, sehingga kami bisa melakukan penetapan. Naskah penetapan tersebut akan diserahkan ke DPRD setelah 3 hari dilakukan penetapan.

BACA JUGA :  Masyarakat Berharap BLT Disegerakan, Pemerintah Masih Beralasan Tunggu Validitas Data

Dia juga mengatakan Kabupaten Solok Selatan mendapatkan Partisipasi tertinggi di Sumatera Barat, dan tidak adanya gugatan.

Partisipasi tertinggi tersebut dari Nagari Sungai Batang Hari 88,37 %.

Rapat Pleno tersebut di hadiri oleh Asisten 1 Fidel Effendi, pasangan calon terpilih H. Khairunnas dan H. Yulian Efi, ketua DPRD Zigo rolanda, Ketua KPU Nila Puspita, dan para kepala OPD Pimpinan Partai Politik. (syahril)