Memasuki Hari Ke 4, Black Box Sriwijaya Air SJ-182 Ditemukan

1

Jakarta (padangexpo.com)

Memasuki hari ke empat sejak jatuhnya Pesawat Sriwijaya SJ-182 dari Sabtu (9/1) lalu, akhirnya Black box ditemukan oleh tim Basarnas yang melakukan evakuasi di perairan Pulau Lancang dan Pulau Laki di Kabupaten Kepulauan Seribu sore ini, Selasa, 12 Januari 2021.

Black box ditemukan di sekitar Pulau Laki-Pulau Lancang, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, pukul 16.20 WIB. Black box ditemukan setelah memasuki empat hari pencarian.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya mengatakan black box yang ditemukan adalah perekam data penerbangan atau flight data recorder (FDR).

“FDR sudah ditemukan,” kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam jumpa pers di JICT, Jakarta, Selasa (12/1/2021).

Sebelumnya, pesawat Sriwijaya Air bernomor register PK-CLC dengan nomor penerbangan SJ-182 rute Jakarta-Pontianak hilang kontak pada Sabtu, 9 Januari pukul 14.40 WIB dan jatuh di antara Pulau Lancang dan Pulau Laki, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

Pesawat jenis Boeing 737-500 itu hilang kontak pada posisi 11 nautical mile di utara Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang setelah melewati ketinggian 11.000 kaki dan pada saat menambah ketinggian di 13.000 kaki.

Pesawat tersebut lepas landas dari Bandara Soekarno Hatta pukul 14.36 WIB. Jadwal itu mundur dari jadwal penerbangan sebelumnya 13.35 WIB. Penundaan keberangkatan karena faktor cuaca.

Berdasarkan data manifest, pesawat yang diproduksi tahun 1994 itu membawa 62 orang terdiri atas 50 penumpang dan 12 orang kru. Mereka adalah 40 orang dewasa, tujuh anak-anak, tiga bayi. Sedangkan 12 kru terdiri atas, enam kru aktif dan enam kru ekstra. (HM/Tim)

Baca Juga :  Hendak Konfirmasi Keberadaan Proyek, Seorang Wartawan Dianiaya, Para Rekan Laporkan ke Ranah Hukum

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here