Sebanyak 1.016.774 Vial Vaksin Diusulkan Untuk Warga Pasuruan

111

Bangil, Pasuruan (padangexpo.com)

Terkait Vaksin CoVID-19 rencananya ada sebanyak 1.016.774 vaksin untuk warga Kabupaten Pasuruan yang akan diproyeksikan vaksinasi tersebut dan dilakukan secara bertahap.

Dan untuk pelaksanaan vaksinasi pertama, nantinya para tenaga kesehatan yang jadi sasaran pertama.

Hal tersebut dikatakan oleh Wakil Bupati Pasuruan, KH.Mujib Imron, Rabu 6 Januari 2021. Gus Mujib menyampaikan, bahwa Pemkab telah mengusulkan sebanyak 1.016.774 vial vaksin CoVID-19 ke Pemprov Jatim. Adapun pengajuan tersebut berdasarkan sasaran usia untuk di vaksin, berkisar antara 18 hingga usia 59 tahun, sesuai instruksi Pemerintah Pusat.

Hanya saja, pemkab belum bisa memastikan jatah vaksin untuk wilayah Kabupaten Pasuruan. Karena kuota tersebut masih menunggu kebijakan Pemprov Jatim.

Gus Mujib mengatakan.”Berapa yang akan diterima, kami belum bisa pastikan. Tergantung dari kuota yang diberikan pemprov. Yang jelas, kami sudah usulkan, sesuai dengan banyaknya jumlah sasaran penerima vaksin,” ujarnya.

Pelaksanaan vaksinasi tersebut akan dilakukan secara bertahap, Tahap pertama, akan menyisir petugas kesehatan. Selain itu, ada pula TNI dan Polri. Hal ini berdasarkan tingkat risiko. Karena mereka dianggap menjadi yang rentan bersentuhan dengan Covid-19.

Jumlah vaksin untuk tenaga tersebut, sudah diusulkan. Untuk nakes, ada usulan sebanyak 9.012 orang yang bisa mendapatkan vaksin. Sementara, untuk TNI, sebanyak 1.072 orang dan Polri sebanyak 852 orang.

“Nantinya juga ada Satpol PP, mahasiswa yang melaksanakan magang di fasilitas kesehatan, serta asisten nakes yang diproyeksikan masuk prioritas pertama. Selanjutnya, baru kelompok masyarakat yang masuk tahap kedua dan seterusnya,” terang Gus Mujib.

Pemkab sendiri, kata Gus Mujib, sudah mempersiapkan program vaksinasi tersebut. Bentuknya dengan pemberian pelatihan-pelatihan, bagi petugas kesehatan dan yang lainnya dalam pelaksanaan vaksinasi.

BACA JUGA :  Plt Wali Kota Surabaya, Whisnu Sakti : Siap Laksanakan Vaksinasi CoVID-19 Secara Serentak

Dalam hal ini Gus Mujib berharap ,” Agar masyarakat bisa menerima vaksinasi ini. Karena pemberian vaksin ini disesuaikan dengan prosedur yang ada. Jangan takut ataupun khawatir untuk divaksin nantinya,” tukuknya. (alf)