Waspada ! Jalur Tol Perak – Waru di KM 06 + 200 Jalur A, Amblas

41

Surabaya (padangexpo.com)

Terjadinya amblas di jalur tol A arah gempol membuat arus lalu lintas mengalami macet yang panjang. Amblasnya beberapa ruas jalan tersebut bermula dari keretakan atau penurunan tanah.

Untuk mengurai kemacetan panjang, personel kepolisian dan Jasamarga melakukan rekayasa lalu lintas. AKBP Dwi Sum Rahardi Kasat PJR Polda Jatim mengatakan,”Baru diketahui pihak kepolisian dan jasa marga pada, Senin 25 Januari 2021. Amblasnya jalan tersebut akibat dari keretakan dan penurunan tanah,” ujarnya, Rabu 27 Januari 2021.

Adapun jalan tol yang amblas tersebut berada dijalur KM 06+200 jalur A. Dari tiga lajur kami melakukan rekayasa lalu lintas menjadi satu lajur, terangnya.

Rencananya, pada malam hari pihak terkait berencana melakukan perbaikan keretakan tersebut. Namun tidak bisa dilaksanakan dikarenakan retakan yang semula hanya beberapa meter semakin memanjang. Ditambah lagi cuaca hujan pada sore hingga dinihari.

“Tapi, kenyataannya retakan semakin memanjang. Sehingga, kami putuskan untuk membuat lajur 1 dan 2 ini kita tutup, kemudian Selasa (26/1/2021) sore terjadi hujan yang panjang dan lebat,” ujarnya.

Akibat intensitas hujan yang berkepanjangan, kondisi jalan yang retak tersebut semakin parah dan amblas. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

“Hujan lebat mengakibatkan tanah ini amblas, sehingga satu lajur yang tentunya cukup retak sepanjang 30 meter menjadi ambles,” tuturnya.

Selanjutnya, pihak Sat PJR Polda Jatim dan Jasamarga melakukan peralihan arus atau rekayasa arus lalin. “Kami lakukan rekayasa penutupan satu lajur,” ujarnya. (alf)

Baca Juga :  Janggal ? Yaman Laporkan Dugaan Penipuan, Polsek Bubutan Malah Keluarkan Surat Kehilangan