Pindah Kamar, Komjen Pol Agus Andrianto Jabat Kabareskrim Polri

40
Komjen Pol Agus Andrianto (Ist.)

| padangexpo.com

Komjen Polisi Agus Andrianto, perwira yang kini masih menjabat sebagai Kabaharkam Polri ditunjuk Kapolri menjadi Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri.

Penunjukan Komjen Agus sebagai kabareskrim tertuang dalam surat telegram Kapolri bernomor ST/318/II/KEP/2021, ditandatangani As SDM Irjen Sutrisno Yudi Hermawan.

Kadiv Humas Polri Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono membenarkan adanya penunjukan Komjen Agus sebagai Kabareskrim Polri.

“Betul ya (penunjukan Komjen Agus),” kata Argo kepada wartawan, Kamis (18/2/2021).

Bersamaan dengan pergeseran posisi Komjen Agus, sejumlah perwira tinggi Polri ikut termutasi. Diantaranya Kalemdiklat Komjen Arief Sulistyanto yang ditunjuk menjadi Kabaharkam Polri menggantikan Komjen Agus. Komjen Rycko Amelza Dahniel yang saat ini menjabat Kabaintelkam Polri. Dia digeser menjadi Kalemdiklat Polri.

Untuk posisi Kabaintelkam diisi Irjen Paulus Waterpauw yang kini masih menjadi Kapolda Papua. Irjen Paulus akan dipromosi menjadi jenderal bintang tiga atau komjen.

Selanjutnya posisi Kapolda Papua akan dijabat oleh Brigjen Mathius Fakhiri yang kini masih menjadi Wakapolda Papua.

Listyo kemudian menunjuk Kombes Eko Rudi Sudarto untuk menjadi Wakapolda Papua mendampingi Brigjen Mathius yang juga akan dipromosi menjadi jenderal bintang dua atau irjen.  Mutasi selanjutnya ada Irjen Panca Putra yang saat ini masih menjabat sebagai Kapolda Sulawesi Utara.

Dia digeser menjadi Kapolda Sumatera Utara menggantikan Irjen Martuani Sormin yang digeser menjadi Koorsahli Kapolri.

Kemudian ada Koorsahli Kapolri Irjen Nana Sujana yang dimutasi menjadi Kapolda Sulut.

Lalu Irjen Purwadi Arianto yang saat ini menjabat Kapolda Lampung menjadi Pati Lemdiklat untuk persiapan penugasan di luar Polri.

Kapolda Lampung selanjutnya akan dijabat oleh Irjen Hendro Sugiatno yang saat ini masih menjadi Asrena Kapolri.

Posisi Asrena Kapolri yang kosong itu kemudian diisi oleh Irjen Wahyu Hadiningrat yang kini menjabat Wakabareskrim.Jenderal Listyo kemudian menunjuk Dirtipidter Bareskrim Polri Brigjen Syahardiantono yang menjadi Wakabareskrim.

Baca Juga :  Selamat Jalan Sahabat, Nahor Hutagalung Wartawan HiTV dan Sahabat Pewarna Indonesia Meninggal Dunia Akibat CoVID-19

Posisi dia yang kosong akan diisi Kombes Pipit Rismanto yang merupakan Wadir Tipidter Bareskrim.

Dengan adanya surat telegram ini, terjawab sudah teka-teki sosok Kabarekrim Polri yang kosong setelah Listyo Sigit diangkat menjadi Kapolri.

Penulis : HA
Editor : HM