13 Hari Penyidikan, 2 DPO Asal Rusia Berhasil Diamankan Tim Resmob Polda Bali Bersama Imigrasi Bali

41
Dua Buronan Imigrasi Asal Rusia yang berhasil diamankan, Rabu 24 Februari 2021

| padangexpo.com

Dua orang DPO Imigrasi yang berasal dari Negara Rusia berhasil diamankan oleh Tim Resmob Polda Bali bersama petugas Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai

Kedua DPO tersebut adalah Andrew Ayer alias Andrey Kovalenko bersama istrinya Ekaterina Trubkina.

Keduanya berhasil diamankan di Villa yang berada di Kawasan Seminyak, Bali, Rabu 24 Februari 2021 sekira pukul 01.30 Wita

Jamaruli Manihuruk selaku Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali membenarkan hal tersebut, selama proses pengejaran terhadap DPO tersebut, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai mengerahkan seluruh jajarannya untuk melakukan pencarian di seluruh wilayah Bali untuk mencegah kedua DPO tersebut melarikan diri keluar dari Bali serta berkoordinasi dengan pihak TNI, Polri dan Instansi terkait.

Jamaruli menjelaskan,”Setelah 13 hari dilakukan pendalaman terhadap kasus DPO tersebut, Tim Resmob Polda Bali bersama dengan Petugas Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai tanggal 23 Februari 2021 Pukul 21.50 WITA bergerak menuju salah satu tempat yang diduga sebagai tempat persembunyian yang berada di wilayah Kuta Utara dan didapat informasi bahwa kedua orang DPO tersebut tinggal di Area Canggu,” terangnya.

Tidak lama kemudian, tepat pukul 22.00 Wita tim bergerak menuju lokasi salah satu Villa di Wilayah Bumbak Dauh, dan mendapatkan keterangan bahwa kedua DPO tersebut sudah pindah ke sebuah Villa di Kawasan Umalas.

Pada pukul 01.15 Wita tim yang tiba di lokasi kemudian langsung melakukan penyelidikan rumah untuk mencari keberadaan DPO, tepat pada pukul 01.30 Wita tim berhasil menemukan dua orang warga rusia tersebut saat berada di dalam Villa, terangnya.

Saat ini, dua orang warga rusia tersebut diamankan di ruang Detensi Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai.

Baca Juga :  Lahirkan Jurnalis Berkompeten, PWI Bali – LSPR Tandatangani Nota Kesepahaman

“Terima kasih kami ucapkan kepada Mabes Polri di Jakarta, Polda Bali, Kodam IX Udayana, serta seluruh masyarakat Bali yang telah membantu dalam memberikan informasi serta melakukan proses pencarian. Kami secara khusus mengucapkan terima kasih kepada Direktur Reserse Kriminal Umum beserta tim Resmob Polda Bali yang sangat luar biasa mendampingi pencarian dari awal hingga ditemukannya kedua DPO asal Rusia tersebut. Apresiasi yang tinggi pula disampaikan kepada Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai beserta jajaran yang telah berusaha maksimal dalam pencarian dan penangkapan. Kami akan meningkatkan kerja sama dengan Polda Bali dalam penguatan pelaksanaan SOP penanganan detensi,” ujarnya. (widya/bede/red)

Editor : d79