Anggota Polsek Jerowaru Gagalkan Pencurian Ternak

43
Anggota Tim Polsek Jerowaru Bersama Pemilik Sapi, Usai Melakukan Pengejaran Terhadap Pelaku.

| padangexpo.com

Sekitar pukul 01.20 wita dini hari, masyarakat Dusun Jerowaru Bat II, Desa Jerowaru, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur, dipaksa bangun karena suara teriakan “Maliiiing, maliiing, maliiiing” oleh salah satu warga setempat, Minggu, 14 Februari 2021.

Teriakan tersebut berawal saat salah satu warga hendak keluar untuk ke kamar mandi, saat itu juga pandangan matanya melihat 4 orang asing dengan gelagat mencurigakan.

Tidak lama kemudian, Ahmad Zarkasi alias Amok (30) warga Jerowaru Bat II, melihat keempat orang tersebut membawa 2 ekor sapi dari arah kandang korban, Maat Adnan (50), dan berteriak minta tolong sehingga membangunkan warga lainnya.

Kapolres Lombok Timur, melalui Kapolsek Jerowaru, IPDA Abdul Rasyid, membenarkan peristiwa yang terjadi pada dini hari itu, setelah Bhabinkamtibmas Desa Jerowaru, Bripka Sahipun, meneruskan laporan masyarakat ke petugas SPKT Sektor Jerowaru.

“Setelah menerima laporan, sekitar pukul 01.30 wita, anggota melakukan penyisiran dan bloking jalur yang diperkirakan akan dilalui oleh pelaku, dipimpin Kanit SPKT dan Kanit Intel polsek Jerowaru. Setelah sekitar 2 jam melakukan penyisiran, tim berhasil mengamankan 1 ekor sapi yang sudah digondol pelaku,“ katanya.

Lebih lanjut, Rasyid menjelaskan, pencarian kemudian dilanjutkan ke arah barat sekitar pukul 03.25 wita, dalam pencarian itu, dari kejauhan anggota tim Polsek Jerowaru melihat cahaya lampu ditengah sawah warga di Peresak, Desa Pandan Wangi yang diperkirakan senter pelaku yang membawa sapi hasil curian tersebut.

“Setelah tim mendekati sumber cahaya, namun terhalang oleh rimbunnya tanaman jagung dan padi. Melihat kondisi itu, kemudian anggota tim memberikan tembakan peringatan yang menyebabkan pelaku lari berhamburan,“ ungkapnya.

Lebih lanjut, Rasyid menerangkan, berdasarkan keterangan saksi (Amok), gerombolan pelaku yang berjumlah sekitar 4 orang tersebut sudah memiliki peran masing-masing, 1 orang bertugas menuntun ternak hasil curian, 1 orang pelaku bertugas sebagai tukang senter dan 2 orang bertugas sebagai pengawal.

Baca Juga :  Gubernur Tunjuk H Hasan Basri Jadi Plh Bupati Sumbawa

“Setelah melakukan penyisiran dan pengejaran, kurang dari 6 jam, 2 ekor sapi yang berhasil di curi, berhasil diamankan kembali oleh tim Polsek Jerowaru bersama pemilik sapi. Sementara untuk pelaku masih dalam proses penyelidikan,“ terangnya. [HM]