Kadisdik Pessel, Suhendri : Para Guru Harus Bisa Ciptakan PBM Berkualitas Bagi Siswa

33

| padangexpo.com

Guru diminta meningkatkan kompetensi dalam melaksanakan Proses Belajar Mengajar (PBM) di sekolah. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan kuaitas pendidikan sebagaimana diharapkan. Demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pesisir Selatan, Suhendri, Senin (8/2) di Painan.

“Ya, kedepan peningkatan kualitas guru tetap menjadi prioritas. Kemudian guru harus senantiasa meningkatkan kompetensi dan diberikan bimbingan secara intensif, sehingga proses transfer ilmu di sekolah berlangsung baik,” katanya.

Disebutkan, guru juga mendapat pelatihan, salah satunya tentang metode pembelajaran yang berkualitas dengan proses belajar yang menyenangkan bagi siswa seperti halnya matematika yang selama ini menjadi mata pelajaran sangat sulit menjadi matematika yang sangat mudah dan menyenangkan sehingga siswa-siswa tidak perlu takut lagi dengan matematika.

Kemudian diajarkan juga tentang pengelolaan kelas, bagaimana membuka materi dengan menyenangkan, menyampaikan materi inti dengan mengasikkan dan bagaimana menutup materi dengan mengesankan, karena inti dari sebuah proses belajar mengajar adalah transfer ilmu, tujuan akhirnya, ilmu yang ditransfer oleh guru bisa diterima dengan baik oleh muridnya.

Karenanya kemampuan guru menciptakan ruang belajar yang efektif menentukan sejauhmana pelajaran bisa diserap murid dengan baik. Secara garis besar nilai-nilai yang diajarkan adalah  fun, easy, Inspiring dan spirituality.

Seperti  diketahui, pendidikan sangat fundamental dalam menjaga masa depan bangsa dan pondasi kuat ditengah sengitnya persaingan regional dan global. Disisi lain, pendidikan harus dilihat secara holistik. Mulai dari ketersediaan bangunan sekolah, sarana dan perlengkapan pendukung proses belajar mengajar. (Wild/Dyah)

Baca Juga :  Bupati Hendrajoni Berikan Bantuan Gerobak Kepada 12 PKL