Mantan Menteri Pariwisata I Gede Ardhika Tutup Usia, Beliau Penulis Buku Kepariwisataan Berkelanjutan

35

| padangexpo.com

I Gede Ardhika tutup Usia, Pria kelahiran Singaraja, Bali, 15 Februari 1945 ini, meninggal dunia pada hari Sabtu 20 Februari 2021.

Putra Bali selain dikenal sebagai mantan menteri Pariwisata juga dikenal sebagai penulis buku ‘Kepariwisataan Berkelanjutan’.

Tokoh pariwisata tanah air ini, pernah menjabat sebagai Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Kabinet Persatuan Nasional tahun 2000-2001 dan Kabinet Gotong Royong tahun 2001-2004.

Beliau juga penggagas konsep wisata desa yang dipresentasikan pada Sidang Umum UNWTO di Santiago, Chili, pada tahun 1999 saat pengesahan Kode Etik Pariwisata Dunia (Global Code of Ethics for Tourism).

Di bawah kepemimpinannya, kepariwisataan nasional memiliki dasar kuat yang lekat dengan khazanah budaya dan kekayaan alam.

Beliau juga memiliki pandangan yang kuat tentang kepariwisataan berkelanjutan dalam praktik pembangunan nasional untuk menjadikan Indonesia sebagai destinasi pariwisata berkualitas.

Dari Instagram @kemenparekraf.ri pada hari Sabtu 20 Februari 2021, mengucapkan duka cita mendalam, turut berbelasungkawa atas kepergian Bapak I Gede Ardika ini.

Penulis : HA
Editor : HM

Baca Juga :  Jaksa Penuntut Umum Tuntut Terdakwa Hasim Sukamto 2 Tahun Penjara