Pemkab Agam Gelar Pemilihan Duta GenRe Tingkat Kabupaten Agam 2021

95

| padangexpo.com

Pemerintah Daerah Kabupaten Agam melalui Dinas Dalduk KB PP & PA gelar pemilihan Duta Generasi Berencana (GenRe) tingkat Kabupaten Agam  tahun 2021 yang berlangsung di Aula Kantor Camat Matur, Minggu 21/2/2021.

Menurut Rita Yuliandes selaku Ketua Pelaksana pemilihan Duta Genre Tingkat Kab Agam, sebanyak 60 remaja Agam dari berbagai  PT, SMA/MA, dan SMP/MTs ikut bertarung dalam pemilihan Duta GenRe guna mencari 10 pasang Duta GenRe terbaik yang akan menuju Grand Final pada tanggal 27 Februari nanti

“Dari 10 pasang peserta yang masuk Grand Final akan dipilih 1 pasang peserta sebagai pemenang untuk mewakili Kabupaten Agam dalam lomba pemilihan Duta GenRe tahun 2021 tingkat Sumatera Barat yang akan di gelar pada bulan Juli nanti, ujar “Rita.

Sekretaris Dinas Dalduk KB PP & PA Agam, dr. Hendri Rusdian, M.Kes, Sp.KKLP menyebutkan bahwa tujuan dari pemilihan Duta GenRe adalah untuk meningkatkan kualitas pemberian akses informasi, pendidikan, konseling, sikap dan perilaku yang positif dalam pengembangan diri secara mental, fisik, intelektual, spiritual dan sosial bagi remaja.

Program GenRe adalah program yang mengedepankan pembentukan karakter bangsa dikalangan generasi muda.” Program GenRe merupakan wadah untuk mengembangkan karakter bangsa karena mengajarkan remaja untuk menjauhi Pernikahan Dini, Seks Pra Nikah dan Narkoba guna menjadi remaja tangguh dan dapat berkontribusi dalam pembangunan serta berguna bagi nusa dan bangsa, ungkap” Hendri.

Lebih lanjut Hendri mengatakan bahwa keberadaan duta Genre sekaligus untuk menekan maraknya permasalahan remaja, dan yang yang paling menonjol adalah permasalahan seputar sek bebas, HIV/AIDS, penyalahgunaan narkoba dan rendahnya pengetahuan tentang kesehatan reproduksi dan usia kawin pertama yang relatif masih rendah, masih menimpa remaja, sehingga peran duta Genre perlu terus digiatkan.

BACA JUGA :  Selama Pandemik CoVID-19, Pemkab Agam Telah Salurkan 679 Ton Beras Pada Masyarakat

Hendri menjelaskan, Duta Genre harus menjadi role model dan mampu menjadi panutan bagi remaja sebayanya dalam merencanakan masa depan dan mengisi masa mudanya dengan hal-hal positif dan bermanfaat bagi masyarakat. (99 HR)