Pemkab Solsel Benahi Penataan Aset di Lingkungan OPD Untuk Pengelolaan Secara Transparan dan Akuntabel

63

| padangexpo.com

Dalam rangka pengelolaan dan pembenahaan, penataan aset milik daerah, Pemkab Solsel persiapkan instrumen yang tepat untuk mencapai hasil yang profesional, transparan, akuntabel, efesien dan efektif.

Marfiandi Arief selaku Sekretaris BPKAD yang didampingi Kabid Pengelolaan Aset Masdera Riko mengatakan,” Adapun bentuk dari usaha pembenahan dan penataan tersebut, Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) melalui tim dari Kabid Pengelolaan Ased BPKAD Solsel saat ini sedang melakukan penertiban pada aset yang ada dilingkungan OPD,” ujarnya, Selasa 9 Februari 2021.

Adapun pelaksanaan program penertiban dan pendataan yang dilakukan pada aset Pemkab Solsel dalam rangka mewujudkan tata kelola aset yang baik dan benar, jika tidak dilakukan maka aset akan berpeluang hilang, sekaligus untuk menertibkan aset yang masih belum didata.

Hingga saat ini yang baru dilakukan adalah pendataan aset atas kendaraan roda empat.

Masdera yang didampingi Kasubid Penilaian dan Pemanfaatan Aset Daerah, Andoni Putra dan staf Memen Fazri menjelaskan khusus untuk pendataan dan administrasi aset roda empat tercatat sebanyak 8 unit kendaraan diantaranya :

  1. Avanza 2 unit
  2. Isuzu Phanther 2 unit
  3. Pajero 1 Unit
  4. L200 1 Unit
  5. Ford 1 Unit
  6. Toyota Land Cruiser 1 Unit

Usai melakukan pendataan, beberapa kendaraan tersebut langsung diserahkan pada satuan unit kerja yang membutuhkan dan sebagian sedang dalam perawatan, terangnya.

Penyerahan kendaraan operasional untuk satuan kerja pada saat ini telah disesuaikan dengan aturan yang telah ditetapkan dari Permendagri dan Perbup. Diantaranya yang bisa difasilitasi kendaraan roda empat antara lain pejabat eselon 3, ujarnya.

Namun, pihaknya juga akan memberikan fasilitas kendaraan khusus terbatas pada unit kerja seperti ambulance dan pemadam kebakaran.

Untuk kedepan, nantinya BPKAD akan terus melakukan pendataan kendaraan roda empat maupun roda dua serta berbagai jenis aset pemerintah daerah Kabupaten Solok Selatan lainnya.

Baca Juga :  Dispora Solsel Gelar Kegiatan Sosialisasi Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan IASP

Dengan adanya tertib administrasi terkait aset ini, nantinya akan menjadi nilai tambah untuk berbagai keperluan, ujarnya.

Pewarta : Syahril
Editor : d79