Persiapkan Vaksinasi CoVID-19 Untuk Tujuh Kecamatan, Dinkes Solsel Latih 141 Orang Tenaga Medis

54

| padangexpo.com

Dalam rangka persiapan pelaksanaan vaksinasi CoVID-19 pada tahap pertama untuk tujuh kecamatan di daerah Solok Selatan, Dinas Kesehatan Solsel melatih 141 orang tenaga medis.

Pembekalan tenaga medis itu sendiri melibat dokter penyakit dalam, dr. Evelin Veronike Sp.PD dan Kasi Surveilanve Mega Verta Chirstina, SKM. M.Si,” jelas Kadis Kesehatan Solsel. Dr. H. Novirman didampingi Kabid Penanggulangan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Solsel,  Weni Fajriani, S.KOM, Jumat (5/2/2021)

“Semua tenaga medis yang akan melakukan penyuntikan perdana vaksin sinovac itu sudah dilatih dan dibekali, sehingga saat pelaksanaan dilapangan tidak terjadi kendala, ” jelas Novirman.

Artinya seluruh tenaga medis pelaksana vaksin covid-19, atau Petugas Vaksinator ini

oleh dokter Evelin Veronike sudah dibekali dengan kesiapan antisipasi dari pelaksanaan vaksin sinovac.

Sedangkan Mega Verta Chirstina (Kasi Surveilance) menjelaskan tentang alur rujukan dampak dari pelaksanaan penyuntikan vaksin itu sendiri,” tambah Novirman.

Bahkan hari ini, Dinkes Solsel bersama tim terpadu yang tediri dari TNI, Polri dan Inspektorat akan mendistribusikan vaksin sinovac tersebut untuk lima Fasiltas Kesehatan (Faskes) di tiga Kecamatan.

” Pendistribusian akan dilajutkan dengan penyuntikan vaksin covid-19 itu kepada Tenaga Kesehatan (Nakes)  dilima faskes untuk tiga kecamatan, ” terang Novirman.

Ditambahkan Kabid P2P,  Weni Fajriani, S.KOM, didampingi Kasi Surveilance Dinkes Solsel, Mega Verta Chirstina, SKM. M.Si, petugas yang menjadi Vaksinator direkrut dari Puskesmas dan RSUD.

Petugas yang akan melaksanakan kegiatan penyuntikan vaksin nantinya dimasing-masing fask dan telah mengikuti pembekalan diantaranya untuk tenaga P-Care sebanyak 11 orang,  tenaga Screaning 35 orang, tenaga Vaksinator 60 orang dan tenaga observasi sebanyak 35 orang.

Sementara pendistribusian hari ini (Jumat-red) menurut Weni Fajriani, dilakukan untuk Puskesmas Pekan Selasa (Kec. Pauh Duo),  RSUD Solsel dan Puskesmas Muara Labuh (Kec. Sungai Pagu) serta untuk Puskesmas Pakan Rabaa di Balun, dan Puskesmas Sungai Kalu (Kec.  kPGD).

Baca Juga :  Cegah Penyebaran CoVID-19, PGRI Solsel Adakan Tes Usap Bagi Seluruh Guru Mulai Tanggal 13-15 Oktober 2020

Adapun penyuntikan vaksin covid-19 dimasing-masing Faskes akan di utamakan untuk tenaga kesehatan, ” demikian Weni.(syahril/kominfo)