Wawako Erwin Yunaz Buka Kegiatan Musrenbang Kecamatan Payakumbuh Utara

28

| padangexpo.com

Demi mewujudkan pembangunan, kesediaan infrastruktur dan penguatan ekonomi kerakyatan, Kecamatan Payakumbuh Utara mengadakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) mengusung tema “Dengan Semangat musrenbang kita wujudkan pemantapan pemulihan sosial, ekonomi dan peningkatan daya saing daerah dalam suasana Covid 19 untuk pertumbuhan berkualitas”, Yang dilaksanakan di Aula Kantor Camat Payakumbuh Utara, Kamis (4/2/2021).

Musrenbang Kecamatan Payakumbuh Utara dibuka secara langsung oleh Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz dan juga dihadiri oleh Kepala OPD, Camat, Lurah, Ketua Organisasi Kemasyarakatan, LSM, Pemuka Masyarakat, Undangan dan peserta Musrenbang.

Dalam sambutannya Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz mengatakan pada Musrenbang kali ini dalam perumusan dan usulan yang nantinya disampaikan akan ada usulan yang diprioritaskan karena dimasa pandemi saat ini berimbas kepada anggaran daerah yang berkurang dari tahun sebelumnya.

“Dalam usulan pembangunan di Kecamatan Payakumbuh Utara kali ini, dalam penerapannya kita akan memilah-milah mana yang harus diprioritaskan. Namun kita juga harus memahami dampak covid 19 yang melanda semua daerah membuat anggaran daerah Kota Payakumbuh dikurangi sebanyak 100 milyar rupiah. Walaupun demikian perencanaan akan dimaksimalkan untuk kesejahteraan masyarakat dan kebutuhan pembangunan demi kemajuan daerah, “ujar Erwin.

Lebih lanjut, Erwin mengatakan Banyak hal yang wajib dan patut untuk dilaksanakan untuk pembangunan dan kemajuan daerah. Pemerintah akan selalu berupaya untuk semua keinginan masyarakat terpenuhi.

“Usulan dari masyarakat akan kita maksimalkan, insyaallah 90 persen akan diusahakan terlaksana,” terangnya.

Diakhir sambutannya Erwin mengatakan walaupun dimasa pandemi UMKM di Kota Payakumbuh kembali menggeliat dan menjadi perputaran ekonomi di masyarakat.

“Di masa pandemi ini, alhamdulillah gerakan ekonomi kita saat ini seperti UMKM kembali menggeliat. Walaupun pandemi belum usai, kita tetap berupaya agar UMKM di masyarakat selalu berjalan lancar dan perputaran ekonomi di masyarakat tidak terhambat karena pandemi covid 19,” pungkas Erwin.

Baca Juga :  Kota Payakumbuh Gelar Kontes Kucing Perdana yang Bertajuk “Payokumbuah Cat Fun Festival”

Camat Payakumbuh Utara Desfitawarni mengatakan pihaknya terus berkomitmen melakukan Pelayanan terbaik kepada masyarakat Kecamatan Payakumbuh Utara dengan diiringi upaya dan inovasi yaitu:
1) Metode secangkir kopi (Sejam berbincang memikirkan kondisi Payakumbuh Utara hari ini) Yaitu metode untuk membicarakan seluruh kepentingan masyarakat dengan mengadakan pertemuan  baik formal maupun informal dengan tokoh masyarakat.
2) Metode Labu Madu Mas (Layanan bersama untuk menangani pengaduan masyarakat) Sebuah bentuk layanan pengaduan untuk menindak lanjuti pengaduan yang ada di masyarakat.
3) Formasi 5 point 9
Kita menjamin setiap kelurahan ada 5 organisasi kemasyarakatan yang aktif. Dan jumlah kelurahan di payakumbuh utara ada 9. Jadi ada 45 organisasi masyarakat yang aktif dalam kegiatan bermasyarakat.
4) Program KK bintang 5
Yaitu sebuah intervensi di bidang kesejahteraan sosial dimana masing-masing lurah diminta untuk mempersiapkan 5 KK yang paling berada dibawah garis kemiskinan. Yang akan kita prioritaskan dalam memberikan bantuan.

Ditambahkan, Kecamatan Payakumbuh Utara adalah Kecamatan nomor 2 terbesar setelah Payakumbuh Barat. Tentu  saja ini melahirkan tantangan dan peluang dalam pelaksanaan pembangunan penduduk di kecamatan payakumbuh utara  dimana jumlah penduduk di Kecamatan Payakumbuh Utara adalah  32000 orang yang tersebar di 9 kelurahan. Adapun permasalahan yang krusial yang mengemuka adalah terkait kemiskinan, rumah tidak layak huni, pengangguran dan sanitasi.

Desfitawarni berharap segala usulan yang bersifat prioritas yang telah disampaikan pada saat musrenbang kali ini dapat terwujud demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat kecamatan Payakumbuh Utara.

“Harapan kami semua usulan yang bersifat prioritas dapat kita wujudkan bersama, dan kepada masyarakat kami berharap banyak agar segala fasilitas umum yang telah menjadi aset di Kecamatan Payakumbuh Utara dapat dipelihara dengan baik,” Pungkasnya.(ken)

Baca Juga :  Pembunuhan Wanita Muda di Nagari Situjuah Lima Puluh Kota, Terungkap