Intensitas Hujan Tinggi, Longsor Tutup Akses Jalan Provinsi di Nagari Lubuk Gadang Tenggara Sangir

25

| padangexpo.com  

Intensitas hujan yang cukup tinggi beberapa hari ini, yang mengakibatkan longsor menutup jalan Provinsi, di jorong Tandai Simpang Tigo, Nagari Lubuk Gadang Tenggara Kecamatan Sangir, Kabupaten Solok Selatan, Senin (29/3/2021) pada pukul 13.30 WIB.

Musibah tanah longsor ini menutup akses jalan Provinsi sepanjang 20 M dan ketinggian material longsor setinggi 5 M yang mengakibatkan, terisolasinya warga di empat kejorongan.

Keempat warga jorong tersebut Tandai Simpang Tigo, Jorong Tandai Tangah, Jorong Tandai Ateh, Tandai bukit bulek yang Total 500 KK lebih kurang 2500 jiwa, yang terdampak akibat tanah longsor itu.

Mendapat informasi adanya bencana tanah longsor, TIM TRC dan anggota Pusdalops BPBD Solok Selatan langsung menuju ke lokasi dengan mengerahkan satu unit Will Loader ke lokasi longsor, setibanya di lokasi macet kedua arah, tim langsung membuka akses jalan.

Kalaksa BPBD Solok Selatan Richi Amran di lokasi mengatakan dan membenarkan adanya bencana tanah longsor tersebut.

Kejadian ini diakibatkan beberapa hari ini curah hujan cukup tinggi, apalagi di daerah perbukitan, diperkirakan longsor akan terjadi, makanya petugas kami selalu siap dilapangan.

Dalam musibah bencana tanah longsor ini ada sejumlah warga atau KK yang terjebak, untuk itu tim TRC BPBD langsung mengevakuasi warga yang terjebak.

“Berkat bantuan warga setempat, tim gabungan TNI, Polri, pukul 19.00 jalan sudah bisa dilewati,” katanya. (syahril/204)

Baca Juga :  GT2P CoVID-19 Solok Selatan Umumkan, 3 Orang Positif CoVID-19