Bupati Agam Buka Kegiatan Pelatihan PPRG Bagi 37 OPD dan 16 Kecamatan

38

| padangexpo.com

Pemerintah Kabupaten Agam, melalui Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dalduk KB PP & PA) Agam selenggarakan Pelatihan Perencanaan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) bagi OPD  Kabupaten Agam di Hotel Balcon, Gadut Kec Tilatang Kamang 29 – 30 Maret.

Kegiatan pelatihan PPRG ini dibuka secara resmi oleh Bupati Agam yang diwakili oleh Staff Ahli Bupati, Ir. H. Isman Imran, M.Si.

Dalam sambutannya Isman Imran mewakili Bupati Agam menyebutkan Kesetaraan dan keadilan gender merupakan salah satu tujuan pembangunan yang ditetapkan dalam RPJMD 2016-2021 yang  dihadapkan pada isu-isu strategis,  antara lain : (1) meningkatnya kualitas hidup dan peran perempuan dalam pembangunan; (2) meningkatnya perlindungan bagi perempuan dan anak terhadap berbagi tindak kekerasan; dan (3) meningkatnya kapasitas kelembagaan Pengarustaman Gender dan kelembagaan perlindungan perempuan dari berbagai tindak kekerasan.

Adapun isu-isu strategis dalam pembangunan Pengarustamaan Gender (PUG) adalah membangun kualitas manusia yang merupakan sasaran yang dicapai dalam rangka mewujudkan bangsa yang berdaya saing. Upaya pembangunan tersebut  tersebut ditujukan untuk kepentingan seluruh penduduk tanpa membedakan jenis kelamin, agar laki-laki dan perempuan memiliki hak untuk mendapatkan akses, partisipasi, kontrol dan manfaat pembangunan yang setara  disesuaikan dengan aspirasi, pengalaman dan kebutuhan daerah masing masing, “ungkap Isman.

Lebih lanjut Isman mengatakan telah banyak upaya-upaya strategis  yang dilakukan dalam  pemenuhan kebutuhan gender di Kabupaten Agam, antara lain :

  1. Menyiapkan bentuk peraturan yang mendukung tercapainya pembangunan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak seperti Perda PP dan PA, SK Bupati tentang Rencana Aksi Daerah PUG, Focal Point PUG dan Tim Teknis PPRG;
  2. Mengimbau OPD agar menyediakan sarana dan prasarana yang responsif gender ;
  3. Meningkatkan kualitas hidup perempuan melalui pendidikan Keterampilan rumah tangga bagi Perempuan rawan ekonomi;
  4. Penguatan Perempuan di ranah politik melalui Peningkatan Kapasitas Bacaleg Perempuan;
  5. Menyusun buku data terpilah yang perspektif gender setiap tahun;
  6. Melakukan penguatan kelembagaan perempuan, forum anak, P2TP2A dan organisasi sosial lainnya ;
  7. Meningkatkan koordinasi dan kemitraan yang baik, terpadu dan berkelanjutan bersama Kecamatan, Nagari, TP-PKK, GOW, dan OPD terkait lainnya;
  8. Sedang disiapkan Perda Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.
Baca Juga :  Kasus Positif CoVID-19 di Agam Terus Meningkat, 12 Orang Terkonfirmasi Positif

Sementara itu Kepala Dinas Dalduk KB PP & PA Agam yang diwakili oleh Sekretaris Dinas, dr. Hendri Rusdian M.Kes dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan dilaksanakanya pelatihan PPRG ini adalah untuk meningkatkan komitmen dan kapasitas tim Pengarusutamaan Gender (PUG)  dan Perencanaan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) OPD di Kabupaten Agam dalam rangka mewujudkan keseteraan dan keadilan gender.

Kabupaten Agam telah melakukan pelatihan  PPRG  secara bertahap yaitu pada tahun 2017 sebanyak 10 OPD, tahun 2018 sebanyak 20 OPD dan tahun 2019 sebanyak 52 OPD.

Pada tahun 2021 ini, dilakukan pelatihan PPRG bagi 37 OPD dan 16 Kecamatan untuk mendapatkan dokumen Gender Analisis Pathway (GAP) dan Gender Budget Statement (GBS), dimana dokumen tersebut merupakan dasar  dalam perencanaan pembangunan  yang  responsif gender di Kabupaten Agam tahun 2022, “jelas Hendri.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana Pelatihan Yulhendri, SKM, M.Kes, Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh Tim Teknis dan Driver PUG Kab Agam, para Kasubag Perencanaan dilingkungan OPD dan Kantor Camat se Kabupaten Agam, sementara Narasumber dalam pelatihan ini berasal dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Sumbar dan Dinas Dalduk KB PP & PA Agam, dan pelatihan ini direncanakan berlangsung selama dua hari. (99 HR)