Disela Pertandingan Persahabatan Ping Pong, Dubes Indonesia Promosikan Indonesia ke Dubes Rusia Untuk Korea Utara

42

Pyongyang  (Korea Utara).PE – Ditengah keterbatasan yang dialami KBRI Pyongyang, Perwakilan Indonesia di Korea Utara tersebut senantiasa gigih dalam mempromosikan kekayaan Indonesia di Korea Utara.

Di sela-sela pertandingan persahataban ping pong antara KBRI Pyongyang dan Kedutaan Besar Rusia di Pyongyang (09/03/2021), Duta Besar Indonesia untuk Korea Utara, Berlian Napitupulu sampaikan informasi mengenai pariwisata dan budaya Indonesia.

“Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki 17.508 pulau dengan luas hampir 2 juta km2 atau sekitar 1/8 dari total luas Rusia. Saya tidak akan menjelaskan semua  pulau-pulau tersebut tetapi fokus kepada beberapa pulau dan 10 destinasi utama yaitu: Danau Toba, Tanjung Kelayang, Borobudur, Bromo, Bali, Labuan Bajo, Wakatobi, Bunaken, Morotai dan Raja Ampat,” ujar Dubes Berlian Napitupulu mengawali presentasinya.

Lebih lanjut Berlian menjelaskan satu per satu pakaian tradisional yang dipamerkan yaitu pakaian Pengantin wanita Palembang, Kebaya Brokat Sumatra Utara, Batik Wanita Yogya, Kebaya Sunda, Pakaian Pengantin Pria dan Wanita Jawa Tengah, dan Pakaian Pengantin dari Maluku melalui pajangan pakaian dalam bingkai kayu seperti dalam gambar.

Sebagai penutup acara, KBRI menyajikan beberapa makanan khas Indonesia yaitu: Tahu Berontak, Lumpia, Martabak Manis, Dadar Gulung, dan Kacang Bawang yang dinikmati bersama Kopi Lintong dari Sumatra yang sangat dinikmati oleh Dubes dan staf Rusia. Bahkan salah seorang staf Kedubes Rusia telah memesan jajanan tersebut untuk acara ulang tahunnya.

“Acara ini seperti three-in-one. Disamping main ping pong, ada promosi wisata dan pakaian tradisional serta promosi kuliner khas Indonesia,” pungkas Dubes Berlian.

Duta Besar Rusia, Matsegora sangat mengapresiasi inisiatif Dubes Indonesia untuk mengadakan acara ini dalam rangka meningkatkan persahabatan dan berbagi informasi mengenai negara dan tradisi Indonesia yang sangat berguna untuk menambah pengetahuan.

Baca Juga :  Lestarikan Budaya Indonesia, KBRI Seoul Kembali Adakan Kelas Gamelan di Seoul Institute of the Arts  

# dody | KBRI Pyongyang