DPRD Kabupaten Solok Gelar Paripurna Penetapan Paslon Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2021

34

| padangexpo.com

Dalam rangka penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Solok Tahun 2021, DPRD Kabupaten Solok menggelar rapat paripurna penetapan yang berlangsung di ruang rapat Paripurna DPRD Kabupaten Solok, Senin 29 Maret 2021.

Rapat Paripurna tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Solok Dodi Hendra dan dihadiri

Bupati dan Wakil Bupati Solok Terpilih, Plh Bupati Azwirman,SE.,MM, Wakil Ketua DPRD Lucki Efendi dan Anggota DPRD Kab Solok, Sekwan Suharmen, Forkopimda dan SKPD Pemkab Solok.

Ketua DPRD Dodi Hendra menjelaskan bahwa Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Solok Tahun 2020 telah melalui proses panjang dan melalui Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Solok pada tanggal 17 Desember 2020 telah menetapkan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Solok tahun 2020 dengan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Solok Nomor 255 / PL.02. 6-Kpt / 1302 /KPU-Kab/ XII/2020.

Dari hasil rekapitulasi suara oleh Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Solok, pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Solok Nomor Urut 1 (satu) Sdr. H. Nofi Candra,SE dan Sdr. Yulfadri Nurdin,SH mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia terhadap Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Solok.

Lalu, pada tanggal 22 Maret 2021 dalam persidangan, Mahkamah Konstitusi RI membacakan putusan dengan Nomor 77/PHP.BUP-XIX/2021 Perihal Perkara Perselisihan hasil Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Solok yang diajukan oleh H. Nofi Candra,SE dan Yulfadri Nurdin, SH yang Menyatakan bahwa :

  1. Menolak eksepsi termohon dan pihak terkait untuk seluruhnya.
  2. Menolak permohonan pemohon untuk seluruhnya.

Berdasarkan hal tersebut diatas, dalam rapat Paripurna DPRD Kabupaten Solok ini, kami selaku Pimpinan DPRD Kabupaten Solok bertindak untuk dan atas nama DPRD Kabupaten Solok Mengumumkan bahwa berdasarkan keputusan KPU Kabupaten Solok Nomor 3/PL.02.7-Kpt/1302/KPU-Kab/III/2021 tanggal 26 Maret 2021 tentang Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Solok tahun 2020. Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih adalah :

  1. Epyardi Asda M.Mar sebagai calon Bupati Solok.
  2. Jon Firman Pandu sebagai calon Wakil Bupati Solok.
Baca Juga :  Bupati Solok H.Gusmal Ikuti Upacara Hari Bela Negara ke 72 Secara Virtual

Maka dari itu, sesuai dengan Amanat Undang Undang Nomor 1 tahun 2015 sebagaimana telah diubah dengan Undang undang Nomor 10 tahun 2016 akan menindaklanjutinya sesegera mungkin pengusulan pengesahan pengangkatan Bupati dan Wakil Bupati terpilih kepada Menteri Dalam Negeri RI melalui Gubernur Sumatera Barat untuk diangkat menjadi Bupati dan Wakil Bupati Solok.

Dengan telah ditetapkan pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Solok tahun 2020 serta telah diumumkan dalam rapat paripurna Dewan, maka kedepannya marilah kita satukan tekad dan kita dukung Kepala Daerah Kabupaten Solok untuk masa jabatan tahun 2021 s/d tahun 2024.

Dinamika yang terjadi selama pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Solok tahun 2020 adalah merupakan wujud dari dinamika kehidupan berdemokrasi itu sendiri.

Mulai saat ini mari kita satukan tekad dan semangat kembali untuk membangun Kabupaten Solok Nan Indah ini Demi Solok yang lebih maju dan Sejahtera.

Bupati terpilih Epiyardi Asda dalam wawancaranya mengatakan “Ini adalah tugas berat yang akan saya emban dalam rangka untuk memenuhi janji saya semasa kampanye dulu,” terangnya.

Dalam hal ini Epyardi menjelaskan bahwa ia bersama pihak terkait telah sepakat untuk membangkitkan Kabupaten Solok secara bersama-sama dengan masyarakat yang pada saat ini sedang dalam keadaan kondisi terpuruk akibat pandemi dan membangkitkan batang tarandam serta menjadikan Kabupaten Solok menjadi yang terbaik nantinya.

Terpisah, Ketua DPRD Kabupaten Solok Dodi Hendra menjelaskan agar pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih dilantik secepat mungkin karena masih banyak keputusan-keputusan yang harus diambil yang hanya bisa dilaksanakan oleh Bupati Defenitif, salah satunya keputusan Recofusing, yang jika tidak segera dilaksanakan maka dana kita akan dipotong.

Baca Juga :  Dipenghujung Tahun, Pemkab Solok Terima Penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2020 Dari Kemendagri

“Kami pimpinan DPRD mendukung penuh Program-prgram yang akan dilaksanakan oleh Bupati Terpilih,” terangnya. (d79)

Editor    : d79
Sumber : Rilis DPRD Kabupaten Solok