Geliatkan Potensi Pariwisata, Wagub Sumbar Audy Joinaldy Akan Gelar Rakor se Sumbar di Mentawai

59
Wagub Sumbar Audy Joinaldy (Ist.)

| padangexpo.com

Wagub Sumbar Audy Joinaldy telah menjadwalkan pembukaan Rapat Koordinasi Dinas Pariwisata se Sumbar di Kabupaten Kepulauan Mentawai pada, Selasa 23 Maret 2021.

Saat dihubungi oleh padangexpo, Wagub Audy masih banyak kegiatan dan menerima tamu dan baru saja selesai Live TV dan Podcast.

Namun Wagub membenarkan, bahwa besok akan berkunjung ke Mentawai dalam rangka pembukaan Rakorda Dinas Pariwisata se Sumatera Barat, Senin 22 Maret 2021.

Wagub Sumbar Audy belum lama ini dilantik oleh Presiden RI Joko Widodo, namun seperti janjinya pada waktu kampanye pada 2020 lalu, bahwa Mentawai akan dibangun seperti Bali karena di Kepulauan Mentawai banyak yang bisa dikelola dengan baik agar Mentawai tidak lagi menjadi Mentawai yang tertinggal, terbelakang dan termiskin.

Lebih lanjut Audy memaparkan bahwa Kepulauan Mentawai adalah mutiara dunia. Berbicara tentang wisatanya, kekayaan sumber daya yang dimiliki Mentawai sangat dikenal di Dunia.

Salah satunya sekarang jadi bahan perbincangan keindahan Kepulauan Mentawai, karena anugerah tuhan, alamnya super indah beserta ombaknya, dan hamparan pasir putihnya.

Kabupaten Kepulauan Mentawai adalah pemekaran sulung di Sumatera Barat, mempunyai pilihan pantai dengan ombak besar yang seringkali dijajal oleh pecinta Surfing dari berbagai mancanegara, dan ini bisa menunjang kemajuan di Bidang Pariwisata yang ada di Mentawai.

“Manfaatkan tahun 2021 ini, dikarenakan pandemi Covid-19 Mentawai akan diserbu oleh wisata dosmetik, bukan wisata asing. Turis Australia sudah pasti susah untuk masuk ke Sumbar dikarenakan protokol kesehatan,” terang Audy.

Sebenarnya Mentawai daerah yang kaya akan potensi alamnya, perlu dikelola dengan matang dan khusus. Seperti adanya Lobster Mutiara (Panulirus Ornatus) dan Lobster Pasir (Panulirus Homarus) menjadi lobster yang potensial untuk dikembangkan melalui sistem budi daya perikanan yang ada di Mentawai.

Baca Juga :  Wabup Mentawai Kortanius Sabeleake Bersama Masyarakat Apresiasi Usulan Pemekaran Wilayah Desa Oleh Dirjen PDT

Kedua jenis Lobster tersebut ada di Sipora dan Sikakap.

“Perlu kita sikapi segera, berikan peluang untuk ekspor ke luar negeri, sangat disayangkan kalau tidak kita kelola dengan baik,” tukasnya.

Audy juga mengatakan, tergantung bagaimana Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai menyikapinya, dengan mengelola ekosistem alam yang sangat menjanjikan di masa depan ekonomi masyarakat mentawai bisa bangkit.

Selain itu, ia minta Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai berupaya menggerakkan ekonomi masyarakat peningkatan kapasitas wirausaha, dan pengembangan home industry dan pariwisata yang berbasis desa dan berbasis masyarakat, mendorong masyarakat membangun akomodasi seperti Resort.

“Karena Mentawai memiliki potensi pariwisata yang menjanjikan, harapan masa depan” sebutnya.

Pewarta   : Delau
Editor       : d79