Hadir Bagi Pekerja Ladang Sayuran dan Buah, KJRI Johor Bahru Buka Layanan PMI

49

Bukit Gambir (Malaysia).PE – Perwakilan Indonesia di luar negeri senantiasa meningkatkan pelayanan yang diberikan bagi para WNI di luar negeri. KJRI Johor Bahru hadir mendekatkan diri dengan para WNI untuk memberikan layanan konsuler dan imigrasi dalam kegiatan “Jempol Padu” (11/03/2021).

Kegiatan Jempol Padu kali ini dilakukan di daerah Bukit Gambir yang berjarak kurang lebih 200 km dari pusat kota Johor Bahru. WNI yang diberikan pelayanan adalah para WNI yang bekerja di area pertanian, ladang sayuran dan buah yang dikelola Perusahaan Tan So Tiok & Sons Sdn Bhd. Saat ini terdapat sekitar 100 orang PMI yang bekerja di perkebunan sayur dan buah yang dikelola oleh perusahaan tersebut. Sebagian besar PMI yang bekerja di area tersebut berasal dari Lombok dan Jawa Tengah.

Konjen RI-Johor Bahru, Sunarko dan tim KJRI Johor Bahru hadir langsung di  lapangan untuk  mengetahui dan memastikan kondisi dan  keadaan WNI, lingkungan kerja,  serta permasalahan yang dihadapi PMI, khususnya dalam masa pandemi saat ini. Konjen Sunarko juga menyampaikan komitmen KJRI Johor Bahru untuk terus membantu dan memberikan layanan sebaik-baiknya bagi para WNI, termasuk layanan jemput bola terlebih dalam masa pembatasan pergerakan warga lintas negeri.

Pada kesempatan tersebut, tim KJRI juga melakukan pertemuan dengan Pimpinan dan manajemen perusahaan untuk memastikan pemenuhan hak-hak PMI. KJRI Johro Bahru juga sampaikan apresiasi kepada perusahaan yang terus berupaya untuk pemenuhan hak pekerja sesuai kontrak kerja, ditengah kurangnya pekerja karena situasi pandemi.

KJRI Johor Bahru secara berkesinambungan terus menjadwalkan kegiatan outreach ke beberapa daerah lainnya di wilayah kerja, dalam rangka memberikan pelayanan secara terpadu baik untuk urusan keimigrasian maupun kekonsuleran.

Baca Juga :  Tingkatkan Mutu Pendidikan KBRI Mexico City Fasilitasi Dua Universitas Swasta Ternama di Meksiko dan Indonesia 

# dody | KJRI Johor Bahru