Pemkab Solok Serahkan LKPD Tahun Anggaran 2020 Pada BPK Perwakilan Sumatera Barat

42

| padangexpo.com

Salah satu peran dan tujuan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) adalah menyajikan informasi keuangan daerah yang bermanfaat bagi manajer publik daerah (Kepala Daerah dan DPRD) dalam rangka pengambilan kebijakan fiskal pemerintah daerah.

Maka dari itu, Pemerintah Kabupaten Solok menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) ke Kantor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sumatera Barat, Senin 8 Maret 2021.

Hadir dalam penyerahan LKPD tersebut Plh. Bupati Solok Aswirman, SE.,MM, Kepala BKD Kabupaten Solok Editiawarman, Kepala Inspektorat Kabupaten Solok Hermantias, Plh Kepala BPK Perwakilan Sumbar Nofembris beserta jajaran.

Dalam sambutannya Plh Bupati Solok Aswirman mengucapkan terimakasih kepada tim audit BPK yang telah membimbing Kabupaten Solok dalam menyusun laporan keuangan daerah tahun anggaran 2020.

Dalam hal ini Aswirman berpesan kepada tim audit agar bisa melakukan pemeriksaan yang sesuai dengan aturan yang berlaku, sehingga nantinya akan memberikan hasil yang baik bagi Kabupaten Solok.

“Saya juga berharap agar pemeriksaan ini dapat selesai sebelum ramadhan,” ujarnya.

Dengan adanya pelaksanaan pemeriksaan ini, pemerintah daerah beserta seluruh jajaran berharap agar Kabupaten Solok dapat meraih kembali opini WTP untuk LKPD tahun anggaran 2020.

Plh Kepala BPK Perwakilan Sumbar menjelaskan bahwa pemeriksaan LKPD Kabupaten Solok akan dilakukan satu hari setelah penyerahan kepada BPK perwakilan Sumbar.

“Nantinya, tim yang akan memeriksa sudah dibekali sehingga akan memberikan hasil yang terbaik sesuai dengan laporan yang diberikan,” ujarnya.

BPK berharap untuk percepatan pemeriksaan diharapkan kerjasama dari jajaran pemerintah daerah Kabupaten Solok dalam menyediakan data dan dokumen yang nantinya dibutuhkan.

Dalam hal ini BPK juga berpesan agar pemerintah daerah nantinya melaksanakan tindak lanjut dari hasil pemeriksaan yang dilakukan, sebab akan ada tindak lanjut dari pemeriksaan ini.

Baca Juga : 

Hasil dari tindak lanjut pemeriksaan ini nantinya akan sangat mempengaruhi dalam menentukan hasil yang diperoleh oleh daerah.

Setelah dilakukan pemeriksaan ini, pemerintah daerah bersama jajaran diharapkan agar dapat konsen terhadap aksi tindak lanjut. (d79)