Plh Bupati Solok Aswirman Buka Pencanangan Bhakti Dasawisma ke V dan BBGRM Tingkat Kabupaten Solok

31

| padangexpo.com

Dalam rangka meningkatkan peran serta keluarga dalam pelaksanaan program PKK, Wakil Ketua II TP PKK Pemerintah Kabupaten Solok menggelar kegiatan pencanangan Bhakti Dasawisma ke V dan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) yang bertempat di Gedung Solok Nan Indah, Senin 15 Maret 2021.

Turut hadir dalam acara tersebut Plh Bupati Solok Aswirman, SE.,MM, Wakil Ketua II TP PKK Kabupaten Solok Ny.Lina Aswirman, Kadis DPMN Ferisnovel,S.IP.,M.Si, Camat dan ketua TP-PKK Kecamatan, Wali Nagari dan Ketua TP-PKK Nagari dan Kepala SKPD terkait.

Wakil Ketua II TP PKK Kab Solok Ny.Lina Aswirman dalam sambutannya mengatakan bahwa pelaksanaan Bhakti Dasawisma ke V dan BBGRM ini untuk meningkatkan peran keluarga didalam pelaksanaan 10 program pokok PKK dan menanamkan nilai semangat gotong royong masyarakat dalam pembangunan daerah khususnya di Kabupaten Solok.

Tema yang diangkat dalam pencanangan Bhakti Dasawisma ke V dan BBRM ini adalah “Kita perkuat semangat gotong royong dan mengefektifkan penerapan protokol kesehatan serta pemanfaatan perkarangan hatinya PKK di Dasawisma,” terangnya.

Adapun tujuan dari pelaksanaan Bulan Bhakti Dasawisma ini adalah untuk meningkatkan peranan dasawisma dalam menyukseskkan gerakan PKK terutama dalam pencegahan penyebaran covid 19 melalui sosialisasi protokol kesehatan.

Selain itu juga meningkatkan kerjasama diantara sesama anggota Dasawisma dan mendorong Dasawisma untuk berperan aktif dalam menyukseskan program pembangunan pemerintah kabupaten Solok.

Dan, BBGRM sendiri bertujuan untuk meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat berdasarkan semangat kebersamaan, kekeluargaan dan kegotongroyongan menuju kepada penguatan  integritas melalui kegiatan gotongroyong dalam pelaksanaan pembangunan serta pemeliharaan hasil-hasil pembangunan.

Yeni berharap Bulan Bhakti Dasawisma tahun 2021 mampu mendorong 433 Dasawisma di Kabupaten Solok dalam melaksanakan gerakan PKK pada kelompoknya masing-masing dan yang terutama sosialisasi protokol kesehatan (Prokes) dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19.

Baca Juga :  Bupati H.Gusmal Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Sekolah Tatap Muka di Kabupaten Solok

Sasaran dari BBGRM itu sendiri adalah :

  1. Meningkatkan peran aktif masyarakat dalam  pembangunan.
  2. Meningkatkan persatuan dan kesatuan masyarakatnya.
  3. Meningkatkan kemitraan antara masyarakat dan pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan.
  4. Meningkatkan rasa memiliki dan tanggung jawab masyarakat terhadap hasil-hasil pembangunan.
  5. Terwujudnya pemerataan dan percepatan pembangunan.

Plh Bupati Solok Aswirman, SE.,MM dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada TP-PKK kabupaten Solok beserta jajaranya dan pihak terkait lainnya yang telah membantu terlaksananya kegiatan ini,” Semoga dengan kebersamaan Bulan Bhakti Dasawisma dan BBGRM tingkat Kabupaten Solok tahun 2021 dapat berjalan dengan baik,” ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa kegiatan yang dilaksanakan ini adalah kegiatan kerjasama di berbagai bidang pembangunan yang diarahkan untuk memperkuat kepedulian, peran aktif dan persatuan dan kesatuan masyarakat dalam pembangunan.

“Hal ini penting untuk dilaksanakan dan terus dipupuk agar semangat kebersamaan dari gotong royong terus mengakar dan melembaga dalam kehidupan bermasyarakat, ujarnya.

Maka dengan demikian, ia berharap masyarakat dapat hidup rukun dan damai dalam mengisi pembangunan dalam suasana kekeluargaan serta penguatan integrasi sosial dalam masyarakat Kabupaten Solok.

“Akibat dampak perkembangan zaman, jangan sampai menguras budaya gotong royong yang telah mengakar dalam kehidupan masyarakat kita,” ulasnya.

Aswirman menjelaskan bahwa pelestarian nilai budaya masyarakat itu sangat penting dilakukan melalui kegiatan gotong royong dan diharapkan dapat diapresiasi dan dikawal dengan baik oleh pihak pemerintah Nagari dan Kecamatan.

“Melalui Bulan Bhakti Dasawisma dan BBGRM ini diharapkan kita mampu meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes) dalam mencegah penularan berbagai macam penyakit terutama Covid-19,” tutupnya. (d79)