Pulihkan Ekonomi Melalui Sektor Strategis, Pemkab Solok Gelar Musrenbang RKPD Tahun 2022

20

| padangexpo.com

Untuk kembali membangkitkan ekonomi masyarakat khususnya di Wilayah Kabupaten Solok, Pemerintah Kabupaten Solok membuka pelaksanaan musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Solok Tahun 2022, yang diadakan di Gedung Solok Nan Indah, Selasa 30 Maret 2021.

Musrenbang tersebut dibuka secara resmi oleh Plh Bupati Solok Aswirman,SE.,MM dan dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Solok Dodi Hendra, Kepala Bappeda Provinsi Sumbar mewakili, Kaban Barenlitbang Erizal,SE.,MM, Kepala SKPD dilingkup Pemda Kabupaten Solok, Camat dan Delegasi Kecamatan se Kabupaten Solok dan Forkopimda Kabupaten Solok.

Adapun tema Musrenbang RKPD Tahun 2022 adalah “Pemulihan Ekonomi  Melalui Sektor Strategis Daerah Pertanian, Pariwisata dan UMKM”

Panitia Pelaksana Sekretaris Barenlitbang Ir.Desmalia Ramadhanur menjelaskan maksud dan tujuan dari Musrenbang RKPD Kabupaten Solok Tahun 2022 tersebut, adalah :

  1. Mematangkan rencana RKPD tahun 2022 menjadi rancangan akhir RKPD dengan cara menyelaraskan program dan kegiatan antar SKPD dengan memperhatikan aspirasi masyarakat yang kemudian hasilnya digunakan untuk pemutakhiran rancangan RKPD Kabupaten Solok.
  2. Mensinergikan intervensi yang dilakukan berbagai pihak, berbagai sektor dan tingkatan pemerintahan dalam penanganan isu – isu strategis.
  3. Sebagai media konsultasi publik bagi segenap pemangku kepentingan untuk mendukung implementasi program dan kegiatan

Dalam pelaksanaan Musrenbang tersebut diikuti lebih kurang sebanyak 150 orang peserta yang terdiri dari berbagai unsur diantaranya DPRD, Forkompinda, instansi vertikal, Delegasi Kecamatan, pemuka masyarakat, dan pemangku kepentingan lainnya.

Musrenbang tersebut dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan CoVID-19 dan sekaligus dibuka secara virtual zoom meeting dengan kapasitas sebanyak 500 akun serta live streaming yang difasilitasi Dinas Kominfo dan Komunikasi Kabupaten Solok.

Hadir sebagai narasumber dalam Musrenbang tersebut Bappeda Provinsi Sumatera Barat dan Barenlitbang Kabupaten Solok.

Baca Juga :  Pemkab Solok Gelar Rakor Perencanaan Pembangunan Tahun 2021 di Auditorium Gubernur Sumbar

Dari hasil yang diharapkan dalam Musrenbang ini adalah rumusan tentang kesepakatan yang telah dituangkan dalam berita acara kesepakatan yang sesuai dengan peranturan menteri dalam negeri (Mendagri) Nomor 86 Tahun 2017 yang ditandatangani oleh unsur yang mewakili pemangku kepentingan yang menghadiri Musrenbang RKPD tersebut.

Ketua DPRD Kabupaten Solok Dodi Hendra menjelaskan bahwa kegiatan Musrenbang RKPD yang dilaksanakan sebagai sebuah agenda kegiatan yang harus dilaksakan setiap tahun sebagai wujud pelaksanaan amanah permendagri No 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah yang memiliki peran strategis dalam penyusunan rencana kerja pemerintah daerah kabupaten Solok tahun berikutnya.

Dalam hal ini, Dodi berharap kepada seluruh pemangku kepentingan agar memberikan perhatian yang serius dan optimal terhadap rangkaian proses dan aktif agar Musrenbang yang dilaksanakan dapat dijadikan instrumen penting dalam perencanaan dan penganggaran yang partisipatif.

“Kita berharap agar potensi-potensi ekonomi yang ada dibidang pertanian, Pariwisata dan UMKM untuk dapat kita maksimalkan dalam rangka pemulihan ekonomi masyarakat Kabupaten Solok tahun 2022,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, Dodi juga menginformasikan bahwa DPRD Kabupaten Solok telah menyampaikan pokok pikiran (Pokir) ke Pemerintah Daerah melalui sistem informasi pemerintah daerah (SIPD) pada minggu ketiga di bulan Maret ini. Hal tersebut, agar mendapatkan perhatian bagi pemerintah daerah (Pemda) yang dapat dituangkan kedalam dokumen RKPD Tahun 2022.

Ketua DPRD Dodi berharap dengan adanya kegiatan Musrenbang ini nantinya dapat menjadi sarana dalam memperkuat koordinasi dan kolaborasi antar perangkat daerah dengan seluruh pemangku kepentingan di Kabupaten Solok.

Plh Bupati Solok Aswirman,SE.,MM dalam kesempatan tersebut juga menjelaskan proses Musrenbang memiliki peranan penting dan strategis dalam penyusunan rencana kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Solok tahun berikutnya.

Baca Juga :  Sosialisasi dan Advokasi Vaksinasi Solok, Sekdakab : Terus Edukasi Masyarakat Tentang Manfaat Vaksin

“Rangkaian kegiatan ini berfungsi sebagai konsultasi publik untuk menyelaraskan rancangan RKPD dengan usulan dari masyarakat melalui setiap tahapan Musrenbang mulai dari rembuk Jorong, Musrenbang Nagari dan Musrenbang Kecamatan,” ujarnya.

Adapaun perencanaan pembangunan yang dirancang nantinya diharapkan tidak sekedar berupaya dalam menyelesaikan permasalahan saat ini, namun harus mampu untuk mengantisipasi permasalahan yang akan datang.

“Diharapkan seluruh pemangku kepentingan di Kabupaten Solok untuk dapat terlibat aktif dan memberi perhatian serius agar tujuan Musrenbang yang kita harapkan dapat terwujud,” harap Aswirman.

Tidak lupa juga Plh Bupati Solok Aswirman,SE.,MM mengucapkan selamat dan menjalankan amanah masyarakat Kabupaten Solok melalui Musrenbang RKPD Tahun 2022 ini, semoga apa yang diamanatkan dapat terwujud dalam bentuk partisipasi aktif. (d79)

Editor     : d79
Sumber  : Rilis Humas Pemkab Solok