Sempat Berhenti Akibat Pandemi, Pemko Bukittinggi Kembali Gelar Kegiatan CFD

34

| padangexpo.com

Pemko Bukittinggi kembali akan menyelenggarakan kegiatan Car Free Day (CFD). Adapun hal tersebut disampaikan saat rapat persiapan Car Free Day (CFD) yang dipimpin oleh Plt. Asisten II Setdako, Drs. Melfi yang didampingi Kepala Dinas Parpora, Drs. Supadria, Jumat (19/03/2021).

Nantinya kegiatan tersebut akan diselenggarakan di sekeliling Lapangan Wirabraja dan sepanjang Jalan Sudirman, mulai dari depan kantor Badan Keuangan, berlanjut sampai Simpang Yarsi dan berakhir di Simpang Kangkuang.  

Melfi menjelaskan, bahwa semenjak datangnya pandemi maka kegiatan tersebut sempat terhenti satu tahun belakangan ini, untuk uji coba awal nantinya akan diselenggarakan pada, Minggu(21/03/2021). 

Pertimbangan yang  diambil oleh Pemko tersebut untuk kembali mengadakan kegiatan Car Free Day (CFD) karena olahraga merupakan salah satu aktivitas yang dapat meningkatkan daya imun tubuh.

Melfi menjelaskan selain Car Free Day (CFD) nantinya akan ada kegiatan senam, tae kwon do, silat, seni lukis, kelompok olahraga difabel, bola basket, bola voli, futsal, sepatu roda dan skateboard, dengan lokasi yang telah dibagi untuk tiap-tiap jenis aktivitas  tersebut.

Melfi menegaskan, selama kegiatan berlangsung arus lalu lintas akan ditutup mulai pukul 06.00 hingga  09.00 Wib. Memperkirakan kegiatan Car Free Day (CFD) tersebut akan diikuti banyak orang, maka, lanjutnya, sesuai regulasi yang berlaku, penerapan aturan protokol kesehatan yang ketat akan diberlakukan pada kegiatan tersebut.   

Melfi juga mengharapkan masyarakat yang datang agar memakai masker mulai dari rumah, kemudian menjaga jarak dan mencuci tangan selama beraktivitas dalam kegiatan Car Free Day (CFD). Melfi menyebutkan, Pemko juga akan menyiagakan petugas pengukur suhu di beberapa titik serta mengawasi proses pencucian tangan, termasuk menyediakan masker cadangan.

Kegiatan Car Free Day (CFD) lanjut Melfi, tidak hanya berisikan kegiatan olahraga, tapi juga disertai dengan penyelenggaraan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang Covid 19 dan program vaksinasi. Lebih lanjut, Melfi juga menyebutkan, setelah pelaksanaan kegiatan Car Free Day (CFD) pertama ini, tidak menutup kemungkinan kegiatan tersebut akan tetap diselenggarakan pada kesempatan berikutnya, namun hal itu berdasarkan evaluasi yang dilakukan. (Fahdhil/Rahmi)

Baca Juga :  Jawaban Fraksi-Fraksi DPRD Atas Pendapat Wali Kota Terhadap Ranperda Pengelolaan Dana Bergulir