Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik Pemkab Solok Gelar Bimtek Kompetisi Inovasi

39

| padangexpo.com

Dalam rangka untuk peningkatan kualitas pelayanan publik dilingkungan Pemerintah Kabupaten Solok, maka digelar bimbingan teknis (Bimtek) Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik yang berlangsung di HW Hotel Padang, Senin 22 Maret 2021.

Hadir dalam kegiatan tersebut Plh Bupati Solok Aswirman, SE.,MM, Asisten Koor Administrasi Sony Sondra, SE.,M.Si, Kabag Organisasi dan Reformasi Birokrasi Zulfadli, S.Pd.,MM, Narasumber Kurniawan Wahid dari Konsultan Kemitraan Internasional.

Kabag Organisasi dan Reformasi Birokrasi Zulfadli, S.Pd.,MM mengatakan ini adalah Bimtek yang pertama diadakan mengenai inovasi, semoga dengan adanya bimtek ini dapat mewujudkan kontribusi yang baik bagi pelayanan masyarakat.

Zulfadli menjelaskan bahwa Bimtek ini bertujuan untuk mendorong pembangunan inovasi pelayanan publik sekaligus pengembangan dan transfer inovasi serta mempercepat peningkatan kualitas dan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik.

Pelaksanaan reformasi dan birokrasi tidak terlepas dari pelayanan publik yang diberikan oleh pemerintah daerah bagi masyarakat.

“Nantinya akan dilakukan lomba inovasi tingkat Kabupaten Solok yang akan diikuti oleh SKPD di lingkup Pemkab Solok,” ujar Zulfadli.

Adapun Bimtek tersebut diikuti sebanyak 25 orang, 20 dari lingkup Dinkes, 1 orang masing-masing dari Disdukcapil, DPMPTSPNaker, DPUPR, DLH, DPPKB&P3A.

Plh Bupati Solok Aswirman, SE.,MM memaparkan bahwa Inovasi pelayanan  publik merupakan terobosan jenis pelayanan, baik dalam berupa bentuk ide dan gagasan, kreatif orisinal dan adaptasi / modifikasi yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat baik secara langsung atau tidak.

“Pembinaan inovasi nantinya akan kita lakukan sesuai dengan Permenpan Nomor 30 tahun 2014 tentang pedoman inovasi pelayanan publik,” ujar Aswirman.

Plh Bupati Aswirman menjelaskan, bahwa peningkatan kualitas pelayanan publik merupakan salah satu area perubahan instansi pemerintah.

Dalam hal ini Aswirman berharap pelaksanaan Bimtek ini dapat menjadi wadah bagi seluruh SKPD dalam mewujudkan inovasi baru dalam pelayanan publik.

Baca Juga :  Bupati Solok Serahkan Bonus Bagi Kafilah MTQ N XXVIII Serta Bantuan Pendidikan ke Kairo Mesir

“Nantinya kita juga akan membentuk mall pelayanan publik (MPP) sesuai dengan standar yang ada, sehingga nantinya akan memudahkan bagi masyarakat kita dalam melakukan pengurusan berbagai hal,” tutupnya. **

Editor                 : d79
Sumber rilis        : Humas Pemkab Solok