Pelaksanaan UKW ke 15 di Sumbar Lahirkan 46 Wartawan yang Berkompeten

65

| padangexpo.com

Dewan Pers menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) bersama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Barat yang diikuti sebanyak 53 peserta mulai dari jenjang muda, madya hingga utama yang berlangsung selama dua hari mulai dari Senin 8 Maret hingga 9 Maret 2021 di Hotel Grand Inna Padang, Selasa 9 Maret 2021.

Pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dibuka secara resmi oleh Gubernur Sumatera Barat yang diwakili oleh Staf Ahli Gubernur Ahmad Yani SH, Senin 8 Maret 2021.

Ketua PWI Sumatera Barat Heranof Firdaus dalam sambutannya mengatakan UKW ke 15 yang diselenggarakan sebenarnya ada 54 peserta dan enam orang masuk dalam kategori cadangan. Namun, ada satu peserta yang tidak bisa mengikuti UKW.

Dari 53 orang peserta yang mengikuti UKW dibagi menjadi tiga kategori yaitu kategori Muda ada tujuh kelompok, Madya dan Utama masing-masing ada satu kelompok.

Dalam hal ini Heranof berharap agar para peserta UKW bisa melewati ujian ini dan menjadi wartawan yang kompeten sepenuhnya.

Ketua PWI Sumbar Heranof tidak lupa mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah ikut andil dalam melaksanakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW), ia mengatakan bahwa UKW ini merupakan tuntunan utama bagi wartawan dalam bekerja.

“Bekerja sebagai wartawan profesional adalah bentuk penghargaan atas profesi kita, sebaliknya bekerja tidak profesional akan merendahkan martabat profesi kita sendiri di mata narasumber” paparnya.

Pada pelaksanaan UKW ke 15 ini, peserta yang telah mendaftar ke PWI Sumbar mencapai 180 orang, setelah melalui proses penyaringan hanya tersisa 60 orang.

Usai pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) panitia pelaksana berhasil menyaring tiga peserta terbaik dari kelompok Muda Fredy media fajarharapan.id, dari kelompok Madya Bambang Sulistyo media Singgalang dan kelompok Utama Devi dari media SKH Khazanah.

Baca Juga :  Aksi Demo Tolak UU Cipta Kerja di Padang Kisruh, Sempat Terjadi Pelemparan

Sedangkan tim penguji dalam pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) tersebut Dr.Iskandar Zulkarnain untuk kelas utama, Firdaus Komar untuk kelas Madya.

Dan untuk kelas Muda ada tujuh tim penguji yaitu, Supriyadi Alfian, Refa Riana, Nurcholis Basyari, Oktap Riadi, Nizwar, Eka Putra dan Ati Suprihatin.

Tim penguji juga didampingi oleh penguji magang, diantaranya Andi Gino dan Deddy Suhada dari PWI Kepulauan Riau.

Dalam pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) diselenggarakan dengan protokol kesehatan (Prokes) yang ketat hingga selesai. Seluruh peserta dan tim penguji menjalani rapid tes antigen yang dilaksanakan Klinik Arafah milik pengusaha Marlis Alinea bekerjasama dengan Dewan Pers.(d79)