Usai Dilantik, Bupati dan Wabup Pessel Laksanakan Apel Perdana

50
Bupati Rusma Yul Anwar langsung memimpin apel perdana itu didampingi Wakil Bupati, Senin 1 Maret 2021 (Dok.Humas)

| padangexpo.com

Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar dan Wakil Bupati, Rudi Hariyansyah menghadiri apel perdana pasca dilantik, Senin 1 Maret 2021, di GOR H.Ilyas Yakup Painan.

Bupati Rusma Yul Anwar langsung memimpin apel perdana itu didampingi Wakil Bupati, Rudi Hariyansyah. Apel juga dihadiri pebajat instansi vertikal, pejabat eselon II, III dan IV serta ASN di lingkup Pemkab Pesisir Selatan.

“Saat ini, kami berdua hadir mengadiri apel gabungan. Dalam kesempatan ini, disampaikan bahwa kami berdua lahir dari proses demokrasi. Demokrasi yang harus kita hormati. Disadari bahwa dalam berdemokrasi pasti ada perbedaan pendapat dan perbedaan pilihan. Perbedaan itu hanya dinamika untuk mencari yang terbaik. Mari lupakan hal-hal yang menjadi perbedaan selama proses demokrasi,” kata Rusma Yul Anwar.

Disebutkan, kini saat ini saling bersinergi, bekerja bersama membangun dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Pesisir, Tidak ada lagi gonjang ganjing dan hujat menghujat.

“Mari kita akhiri perbedaan itu dengan satu niat dengan mengucapkan bismillah Hirahmanirrahim. Kami berdua tidak akan berarti apa-apa tanpa bantuan seluruh elemen yang ada. Kami juga akan terbuka terhadap kritikan dan masukan demi kepentingan masyatakat. Kritik itu salah satu bentuk partisipasi, sehingga dapat melahirkan kebijakan yang bermanfaat bagi masyaraka. Kritik itu juga salah satu bentuk konstribusi dan partisipasi dalam memajukan daerah,” ucapnya.

Lebih lanjut dikatakan, nanti pihaknya akan melaksanakan kebijakan yang berpihak pada kepentingan. Kemudian semua kegiatan yang akan dilaksanakan harus berbasis data yg akurat dan harus terukur, serta sejauhmana berkonstribusi untuk mencapai visi dan misi. Disamping itu, pihaknya juga akan saling koordinasi dengan instansi vertikal.

“Kita harus menggeser pemahaman, dimana setiap kegiatan yang disusun betul-betul riil dan lahir dari keiginan dan bermanfaat bagi masyarakat. Kebijakan tidak hanya atas keinginan kepala perangkat daerah, akan tetapi juga keinginan bersama dan kita juga akan melakukan percepatan peningkatan SDM. Dalam kondisi sulitpun, utamakan meningkatkatkan SDM masyarakat Pesisir Selatan,” pintanya.

Baca Juga :  Pol PP dan Damkar Kabupaten Pesisir Selatan, Gelar Razia Antisipasi Maksiat dan Pekat

Bupati menambahkan, semua jajaran pemerintah daerah harus memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. Dalam pelayanan tidak boleh dibeda-bedakan status sosial dan ekonomi.

Sementara Wakil Bupati, Rudi Hariyansyah pada apel itu memperkenalkan dirinya. Rudi juga mengaku, pakaian dinas seragam ini baru pertama kali dipakai dalam hidupnya.

“Ya, selama hidup saya baru pertama kali memakai pakaian dinas seragam ini. Saya juga berharap kepada seluruh ASN dan masyarakat Pesisir Selatan agar tidak saling hujat, hilangkan ego sektoral dan luruskan niat. ASN juga harus loyal dan patuh pada pimpinan,” katanya. [wildan/dyah/rls humas]